ide usaha dengan modal kecil
28 Mar 2021
Cerita Sahabat
5 Tips Jalankan Ide Usaha Kreatif dengan Modal Kecil

Modal yang kecil semestinya tidak menjadi penghalang dalam pengembangan usaha rumahan. Saat ini, sudah banyak ide usaha kreatif dengan modal kecil seperti buka warung atau toko kelontong, usaha makanan ringan hingga usaha barang kreatif rumahan yang bisa dipasarkan secara mikro di sekitar lingkungan tempat tinggal maupun online. 


Saat baru akan menjalan usaha biasanya akan banyak datang cobaan. Keterbatasan modal pun acapkali menjadi penghalang untuk melangkah serta mengembangkan ide usaha kreatif yang Anda miliki. Padahal, modal tidak jadi satu-satunya tolak ukur dari kesuksesan sebuah usaha. Sudah banyak kisah inspiratif pengusaha sukses yang mengawali ide usaha dengan modal kecil. 


Berikut adalah tips yang bisa Sahabat SRC lakukan saat menjalankan ide usaha kreatif dengan modal kecil: 

1.Alokasikan modal usaha secara tepat

Saat akan memulai usaha, Sahabat SRC tentunya sudah melakukan riset pasar terhadap usaha yang akan dijalani. Selanjutnya, Sahabat SRC harus mampu mengalokasikan modal usaha secara tepat. 


Misalnya jika Sahabat SRC menjalankan ide usaha kreatif berupa toko kelontong, maka Sahabat SRC harus memperhitungkan modal dari sewa toko, listrik hingga stok barang yang ada di toko. Misalnya saja; 

Biaya Sewa Toko: Rp500.000/bulan

Listrik: Rp150.000 - Rp350.000/bulan

Stok barang: Rp10.000.000/bulan


Dengan perhitungan tersebut artinya, Sahabat SRC setidaknya harus mengantongi margin setidaknya Rp850.000 per bulan untuk mengamankan modal statis yang dikeluarkan setiap bulan. Alokasi modal yang tepat akan membuat usaha kendati dengan modal kecil efektif dan efisien. 


2.Temukan bahan baku kompetitif

Keterbatasan modal tentunya mendorong Sahabat SRC untuk mencari bahan baku yang kompetitif; kualitas bagus, harga bersaing. Faktor ini berlaku tidak hanya untuk usaha makanan saja, tapi juga untuk usaha kerajinan bahkan toko kelontong. 


Bagi pemilik Toko Kelontong SRC, biasanya akan mencari pedagang grosir atau agen barang yang menawarkan harga yang bersaing dengan pasar. Terkadang, kondisi pedagang grosir atau agen yang ramai membuat pemilik toko kurang efisien waktu dalam berbelanja. Oleh karena itu, SRC menawarkan alternatif untuk memenuhi stok barang di toko kelontong dengan kehadiran aplikasi AYO SRC Toko yang memungkinkan pemilik toko berbelanja ke Mitra SRC. 


Mitra SRC sendiri adalah pedagang grosir yang tergabung dengan SRC yang memasok stok barang secara grosir untuk toko kelontong. Tak perlu khawatir dengan stok barang karena Mitra SRC menawarkan barang yang berkualitas dan harga yang kompetitif. Bahkan, pemilik Toko SRC tidak perlu repot-repot datang ke Mitra SRC untuk membeli stok barang karena ada layanan antar langsung ke toko yang tentunya sangat efektif. 


3.Menjaga Kualitas

Tidak hanya pada saat awal saja, menjaga kualitas juga sangat diperlukan agar usaha yang dijalankan berlangsung lama dan membentuk loyalitas pelanggan. Untuk pemilik ide usaha kreatif berupa makanan, tentunya harus menjaga kualitas dari bahan baku serta produk makanan sebelum dan setelah sampai ke tangan pelanggan. Sementara untuk Anda yang memilih ide usaha kreatif berupa kerajinan bisa melakukan penjagaan kualitas dari sisi bahan baku hingga cek standar barang sebelum diterima pelanggan. 


Bagi Sahabat SRC yang memutuskan menjalankan ide usaha kreatif berupa toko kelontong harus menjaga kualitas lewat penataan toko kelontong yang menarik dan bersih. Sejumlah tips tentang cara menata toko kelontong bisa Sahabat SRC lihat di sini: Cara Menata Toko Kelontong Agar Berbelanja Lebih Nyaman


4.Adakan promosi 

Selain menjaga kualitas, mengadakan promosi secara berkala juga dapat dilakukan saat menjalankan dan mengembangkan ide usaha kreatif yang Anda miliki. Promosi akan membuat pelanggan untuk tertarik membeli produk Anda. Jika Anda menjalankan ide usaha kreatif berupa makanan atau barang kerajinan, promosi berupa paket bundling atau diskon setiap minimum pembelian akan menarik minat pelanggan.  


Sementara untuk ide usaha kreatif berupa toko kelontong, promosi bisa dilakukan dari sisi harga barang. Misalnya saja pada pekan ini, Sahabat SRC ingin menghabiskan produk shampoo tidak ada salahnya jika memberikan label diskon untuk setiap pembelian shampoo. Promosi dari sisi harga memang jadi faktor pembanding untuk pelanggan membeli sebuah produk. 

 

5.Andalkan digital 

Tips menjalankan ide usaha kreatif dengan modal kecil lainnya adalah memanfaatkan sarana digital yang ada. Misalnya, jika Sahabat SRC memiliki usaha kerajinan atau makanan bisa menjualnya secara online di media sosial ataupun marketplace. Sementara untuk usaha toko kelontong bisa bergabung dengan SRC yang sudah berinovasi dengan beragam fitur digital untuk mengembangkan usaha. 


Usaha digital yang bisa dimanfaatkan pemilik Toko Kelontong SRC untuk mengembangkan usaha seperti adanya aplikasi AYO SRC Toko. Aplikasi yang dikhususkan untuk pemilik toko kelontong ini memiliki sejumlah fitur digital yang menguntungkan seperti:

  • Promosi kepada pelanggan; yang memberikan keuntungan pada pelanggan untuk mendapatkan harga yang kompetitif.
  • Belanja ke Mitra SRC; yang memudahkan pemilik toko berbelanja ke Mitra SRC untuk memenuhi stok barang dengan memesannya secara online lewat fitur Belanja di aplikasi AYO SRC Toko  
  • Pojok Bayar; untuk mendukung kegiatan transaksi digital pelanggan untuk membeli sejumlah produk digital seperti pulsa, BPJS, token listrik, PDAM, hingga paket game. Pojok Bayar sendiri memanfaatkan transaksi rekening bank yang menjamin keamanan pemilik toko dalam bertransaksi digital. 


Demikian lima tips menjalankan ide usaha kreatif dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh Sahabat SRC. Selamat mencoba!


Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us