Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO
26 Mar 2021
Cerita Sahabat
Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Menurut WHO

Cuci tangan merupakan langkah preventif mencegah penularan virus COVID-19 yang cukup efektif di samping dengan tetap menjaga jarak. Cara mencuci tangan yang benar menurut WHO adalah menggunakan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik dengan membasuh seluruh area tangan sebelum melakukan berbagai aktivitas yang rentan terpapar virus dan kuman.  

Selain mencuci tangan menggunakan sabun, cara membersihkan tangan agar terhindar dari kuman dan virus lainnya adalah menggunakan hand sanitizer. Menurut penelitian Northern Health Science Alliance, hand sanitizer yang efektif membunuh kuman dan virus adalah yang memiliki kandungan 60% etanol atau 70% isopropil alkohol. Hand sanitizer sendiri cukup diandalkan untuk mensterilkan tangan saat sedang berpergian karena cukup praktis digunakan. 

Kendati sama-sama diklaim mampu membunuh kuman dan virus, Sahabat SRC harus mengetahui cara cuci tangan benar memakai sabun ataupun membersihkan tangan dengan hand sanitizer agar keduanya bekerja maksimal. Berikut langkah cara mencuci tangan dengan sabun yang dianjurkan menurut WHO. 

  1. Basahi tangan dengan air mengalir
  2. Tuang sabun secukupnya pada telapak tangan. 
  3. Gosokan sabun ke seluruh bagian telapak hingga sela-sela jari tangan. Gunakan telapak tangan untuk menggosok bagian punggung tangan dan sela jari. 
  4. Gosokan punggung jari ke telapak tangan berlawanan dengan jari saling bertaut. 
  5. Usapkan ibu jari bergantian pada bagian telapak tangan secara bergantian.. 
  6. Gosokkan juga ujung jari dan kuku bergantian ke telapak tangan. 
  7. Bilas sabun pada tangan dengan menggunakan air mengalir hingga tangan tidak terasa licin dan keringkan menggunakan tissue atau mesin pengering. 

Berbeda dengan mencuci tangan dengan sabun yang cukup 20 detik, mebersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang disarankan WHO adalah selama 30 detik agar benar-benar efektif membunuh kuman dan virus. Berikut langkah-langkah yang harus Sahabat SRC perhatikan. 

  1. Tuang hand sanitizer sekitar 3 ml ke telapak tangan yang ditelungkupkan dan menutupi semua permukaan. 
  2. Gosokkan kedua telapak tangan secara bergantian. 
  3. Gosokkan pula bagian punggung tangan dan sela-sela jari secara bergantian menggunakan tangan satunya. 
  4. Gosokan kedua telapak tangan kembali dengan jari berhadapan. 
  5. Gosokan punggung jari ke telapak tangan berlawanan dengan jari saling bertaut. 
  6. Usapkan ibu jari bergantian pada bagian telapak tangan secara bergantian. 
  7. Gosokkan juga ujung jari dan kuku bergantian ke telapak tangan. 
  8. Cairan hand sanitizer akan mengering dengan sendirinya dan tangan sudah terbebas dari virus dan kuman. 

Dalam hal cara mencuci tangan, SRC menerapkan standar pencegahan di setiap Toko Kelontong SRC yang harus menyediakan sabun cuci tangan di depan toko dan hand sanitizer di kasir toko saat Pelanggan SRC akan atau setelah melakukan transaksi. SRC juga menyediakan produk ES.ER.CE hand sanitizer untuk melindungi Sahabat SRC dan keluarga. 



Hand sanitizer ES.ER.CE kini sudah tersedia di Toko Kelontong SRC dengan harga yang bersahabat. Hand sanitizer ES.ER.CE juga sudah memenuhi standar WHO yang bisa membunuh 99.99% Bakteri karena mengandung 70% alkohol sebagai langkah preventif mencegah penularan virus COVID-19. 

Bagi Sahabat SRC yang ingin mendapatkan hand sanitizer ES.ER.CE dengan berbagai cara berikut, seperti: 

  1.  Langsung kunjungi Toko Kelontong SRC terdekat
  2. Buka aplikasi AYO SRC dan klik fitur Terdekat untuk mencari lokasi Toko SRC yang paling terdekat.  
  3. Sebelum datang ke Toko SRC, tanyakan dulu ketersediaan hand sanitizer ES.ER.CE. pada pemilik toko lewat fitur Chat di aplikasi AYO SRC yang ada pada fitur Terdekat. 

Selain hand sanitizer ES.ER.CE, dapatkan pula beberapa produk buatan ES.ER.CE lainnya seperti tisu wajah hingga air mineral.


Yuk, belanja ke Toko Kelontong SRC sekarang dan penuhi kebutuhan keseharian kamu! Jangan lupa juga untuk selalu melakukan cara cuci tangan menggunakan sabun yang benar menurut WHO saat berbelanja di toko kelontong, ya!

Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us