toko kelontong SRC
26 Feb 2021
Cerita Sahabat
Cara Menata Toko Kelontong Agar Menarik Pelanggan

Pelanggan adalah raja. Demikian istilah yang harus senantiasa menjadi perhatian pemilik toko kelontong. Mengulik cara menata toko kelontong agar menarik minat pelanggan pun jadi hal yang wajib dilakukan. Sebab, tak dipungkiri jika penampilan yang pertama kali dilihat pelanggan, lalu berlanjut kenyamanan dan kerapihan dari toko kelontong. 

Dengan mengetahui cara menata toko kelontong yang baik dan benar, Sahabat SRC tidak perlu khawatir dengan pelanggan yang akan datang. Tidak hanya warga sekitar saja, bisa jadi calon pelanggan baru juga tertarik untuk mampir ke Toko Kelontong Masa Kini milik Sahabat SRC. Atau bisa juga malah jadi pelanggan tetap, lho! 

Buat lebih lengkapnya, yuk ikuti lima tips dari SRC tentang cara menata Toko Kelontong Masa Kini agar menarik minat pelanggan. 

1. Rak Promosi Produk

Keberadaan rak promosi bisa menjadi salah satu daya pikat produk unggulan di toko kelontong. Bisanya rak promosi ini diletakan di depan toko bertujuan untuk menarik minat pelanggan yang datang. Sejumlah toko bahkan menambahkan papan promosi agar semakin menarik pelanggan untuk membeli. 

Toko Kelontong Masa Kini memiliki rak promosi yang bernama Pojok Lokal. Berbeda dengan toko umumnya, Pojok Lokal SRC adalah rak khusus yang disediakan untuk menjual produk-produk UMKM lokal hasil industri rumahan sekitar toko. Dengan kata lain, Toko Kelontong Masa Kini memberikan efek #DekatBerdampak; dengan tidak hanya mengembangkan usaha pribadi, tapi juga ikut merangkul UMKM sekitar agar semakin maju dan berkembang.

Lantaran menjadi produk unggulan, rak Pojok Lokal SRC harus diletakan di depan toko. Dengan begitu, pelanggan akan lebih melirik dan tertarik untuk membeli produk. Jangan lupa juga untuk menata rapi rak Pojok Lokal SRC yang disusun sesuai dengan jenis produk. 

2. Tata rak & etalase

Selain rak Pojok Lokal SRC, rak-rak lain serta etalase di toko juga harus ditata dengan rapi. Cara menata yang efektif adalah dengan menyusun barang-barang kelontong berdasarkan jenisnya. Misalnya, rak pertama produk makanan ringan dengan kemasan, lalu rak kedua produk perlengkapan mandi seperti sabun & shampoo, rak ketiga berisi detergen, dan seterusnya. 

Selain dipisahkan berdasarkan jenisnya, Sahabat SRC juga bisa menata rak berdasarkan merk dari jenis produk. Contoh untuk jenis produk yang sama, maka diletakan berdampingan untuk merk berbeda agar bisa menjadi pilihan pelanggan yang mampir ke Toko SRC. 

3. Produk tidak menghalangi

Toko kelontong zaman dulu identik dengan produk rencengan yang biasanya digantung di depan toko, terutama untuk produk berbentuk sachet. Sahabat SRC sebaiknya mempertimbangkan cara menata Toko Kelontong Masa Kini seperti ini sekarang karena akan menghalangi pelanggan melihat produk lainnya dan terkesan tidak rapi.

Menaruh produk di lantai yang bisa menghalangi jalan pelanggan juga sebaiknya dihindari ya, Sahabat SRC. Bagaimanapun juga kenyamanan adalah hal utama untuk mampir ke Toko Kelontong Masa Kini. Untuk barang-barang yang memang harus diletakkan di lantai sebaiknya menempel dengan dinding saja.

4. Hindari sekat berlebih

Cara menata toko kelontong yang efektif selanjutnya dengan mempertimbangkan jumlah sekat. Agar memberi kesan yang luas, hindari terlalu banyak rak yang memberi sekat pada toko kelontong.

Sahabat SRC bisa mengabaikan sekat yang biasanya diletakan di depan kasir toko. Lebih efektif jika Sahabat SRC meletakan produk-produk unggulan atau bernilai tinggi di dekat kasir agar dilirik pelanggan. 

5. Cat dinding toko 

Penampilan toko kelontong juga menjadi elemen yang cukup penting dalam menarik minat pelanggan. Ciri khas dari Toko Kelontong Masa Kini biasanya memiliki cat dinding putih dengan tambahan garis merah dan abu-abu. Warna putih sendiri memberi kesan yang lebih dinamis dan bersih. Sementara warna merah identik dengan kesan penuh energi, aktif, dan menarik perhatian. Tentunya sangat sejalan dengan tujuan menata toko kelontong, untuk menarik minat pelanggan dengan visualisasi yang positif. 

6. Kebersihan toko

Salah satu cara menata toko kelontong yang tak kalah penting adalah dengan menjaga kebersihan toko. Kendati banyak barang yang dijajakan, bukan berarti Sahabat SRC mengabaikan kebersihan dari toko agar pelanggan merasa nyaman. 

Perhatikan produk-produk yang dipajang ataupun dalam rak. Jika ada debu yang menempel, segera bersihkan. Sebaiknya membersihkan produk-produk ini dilakukan setiap hari. Apalagi di era sekarang yang kebersihan menjadi fokus utama setiap orang. 

7. Pencahayaan tepat 

Setelah cat dan kebersihan, pencahayaan toko juga harus diperhatikan. Pencahayaan yang tepat dan bagus membuat pelanggan mudah mencari produk yang mereka inginkan, juga memberikan kesan toko lebih elegan dan bersih. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan semakin betah dan nyaman berada di Toko Kelontong Masa Kini. 

Nah, itulah tujuh cara menata toko kelontong agar menarik minat pelanggan. Selain penampilan toko yang bagus, Sahabat SRC juga harus senantiasa menerapkan konsep Dekat, Hemat, Bersahabat sebagai ciri khas dari Toko Kelontong Kelontong Masa Kini yang #DekatBerdampak. Senyum yang ramah pada pelanggan serta sikap yang siap membantu juga akan membuat pelanggan betah dan akan kembali mampir ke toko kelontong milik Sahabat SRC. Selamat mencoba, ya!



Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us