cerita src
26 Aug 2021
Cerita Sahabat
Kisah Inspirasi Ibu Widia Berbagi Ilmu dalam Paguyuban SRC

Toko Kelontong SRC Tunas Jaya sudah bergabung sejak 2017 bersama SRC. Toko kelontong yang awal berdiri di tahun 2009 lalu awalnya hanya toko kelontong biasa yang menyediakan produk-produk rencengan yang sama sekali jauh dari kesan modern.Setelah bergabung dengan SRC, ibu Widia langsung bergabung dan aktif dalam Paguyuban SRC. Paguyuban SRC merupakan sebuah sarana untuk saling bertukar pengalaman dan ilmu dari para pengusaha Toko Kelontong SRC dalam menjalankan usaha Toko Kelontong SRC.


Awal melakukan usaha Toko Kelontong bersama SRC, Ibu Widia tidak pernah berpikir usahanya bisa lebih berkembang seperti saat ini. Mulai dari penataan toko sembako yang masih berantakan, susahnya mencari pelanggan baru, menjadi kesulitan yang ibu Widia alami di awal-awal dia merintis usaha.


Pada tahun 2017, SRC menawarkan toko kelontong Tunas Jaya untuk bergabung bersama SRC. Diwaktu yang bersamaan, ibu Widia langsung menerima dan mau bergabung dengan SRC untuk mengembangkan usaha toko kelontong yang dia miliki. Berbagai macam pembinaan dan edukasi seperti bagaimana cara penataan toko sembako yang baik dan menarik minat pelanggan sampai dengan tips dalam mempertahankan loyalitas konsumen.


SRC Tunas Jaya yang awalnya tidak memperhatikan kebersihan dan kerapihan sekarang berubah menjadi Toko Kelontong Masa Kini yang rapi dan tertata setelah bergabung bersama SRC. Cara lain yang digunakan SRC Tunas Jaya dalam meningkatkan omzet Toko dengan menjual produk ES.ER.CE. Produk ES.ER.CE diperuntukkan untuk para Toko Kelontong Masa Kini agar dapat meningkatkan daya saing di usaha ritel. Produk-produk ES.ER.SE terdapat beberapa katgori seperti Air MineralES.ER.CE, hand sanitizer ES.ER.CE,tisu ES.ER.CE, dan sabun pencuci tangan ES.ER.CE. Produk bermerek ES.ER.CE tersebut sangat berdampak pada penjualan harian ibu Widia. Pelanggan SRC Tunas Jaya memilih produk merek ES.ER.CE karena harganya yang kompetitif, tapi memiliki kualitas yang tidak kalah bagus.

"SRC Indonesia membimbing saya dalam meningkatkan omzet toko. Selain membimbing bagaimana penataan toko sembako, kita juga diberikan tips dalam meningkatkan loyalitas dan menambah pelanggan dengan melakukan serangkaian promo-promo menarik untuk pelanggan, seperti Promo Harian seperti cabut ampau setiap minimal pembelian Rp75.000, Promo Jumat Berkah, dan Promo Tahunan dengan setiap pembelian Rp20.000 akan dapat 1 kupon, kupon akan diundi pada akhir Desember. Pemenang akan mendapatkan barang elektronik, tahun ini sih hadiahnya kulkas. Tips melakukan promo-promo yang diajarkan tim SRC Indonesia sangat berdampak langsung bagi SRC Tunas Jaya, dimana pelanggan jadi lebih menambah pembelian demi mendapatkan promo," ungkapnya saat dihubungi tim SRC, Rabu (18/8).


Dengan adanya promosi tersebut, sangat berdampak pada omzet yang diterima. Selain omzset yang bertambah, menurut keterangan Ibu Widia, SRC Tunas Jaya bisa menambah pelanggan baru dan membentuk loyalitas ke pelanggan yang sudah ada. Meningkatnya omzet juga tidak bisa dilepaskan dari produk-produk ES.ER.CEyang kualitas dan harganya masuk di kantong pelanggan.


Ibu Widia juga menjelaskan tentang pelanggan yang ada di lingkungan Toko Kelontong SRC Tunas Jaya merespon baik produk-produk ES.ER.CE karena memiliki kualitas yang bagus namun harga yang masih relatif bersahabat jika di bandingkan denganmerek lain. Hal itu yang menggerakan ibu Widia untuk membagi pengalaman menjual produk ES.ER.CE ke Paguyuban SRC wilayahnya. Ibu Widia mengajak sesama Toko Kelontong SRC untuk lebih memperkenalkan produk ES.ER.CE karena keuntungan yang diterima lebih besar serta dapat menawarkan produk yang tidak kalah bagus kepada pelanggan dengan harga yang bersahabat, serta dapat menawarkan produk yang tidak kalah bagus kepada pelanggan dengan harga yang bersahabat.


Itulah kisah inspirasi dari Ibu Widia bersama SRC Tunas Jaya. Dia turut bangga telah bergabung dan memberikan inspirasi terutama terhadap paguyuban SRC yang turut serta sama-sama mengembangkan usaha toko kelontong di wilayahnya.

Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us