Tugas Admin Toko Grosir Agen Sembako
31 Oct 2022
Cerita Sahabat
Pahami Tugas Admin Toko Grosir Agen Sembako Berikut Ini

Keberadaan admin di toko grosir seperti agen sembako sangatlah vital. Tanpa mereka, operasional toko tidak akan bisa berjalan dengan baik. Oleh karenanya, tugas admin toko grosir wajib dipahami oleh pengelola toko.


Admin berasal dari kata administrator yang berarti penata usaha. Jadi, secara garis besar, admin toko adalah pihak yang mengurusi administrasi toko.


Namun, cakupan administrasi sangat luas. Maka, tugas admin toko grosir agen sembako perlu diperinci agar lebih spesifik. Tujuannya agar pekerjaannya benar-benar mendukung kemajuan toko.


Berikut adalah tugas-tugas admin toko grosir agen sembako:


Mencatat Data-Data Toko 

Admin toko bertugas melakukan pencatatan berbagai data di toko seperti penjualan, pembelian, maupun jadwal pengiriman barang. Bukan hanya dicatat, data-data tersebut juga harus dirapikan. Sebagai contoh, penjualan di agen sembako harus dikategorikan sesuai produknya seperti penjualan minyak goreng, beras, atau gula. 


Selain itu, admin toko juga harus menyimpan rekapitulasi data tersebut dengan rapi dan aman. Misalnya dengan mencatat di buku arsip, agar data-data tersebut dapat dicari dan dibaca dengan mudah. 


Melayani Pelanggan

Admin toko grosir juga bertugas melayani pelanggan. Ia akan memberi jawaban ketika pelanggan bertanya tentang suatu produk. Ketika ada keluhan dari pelanggan, admin toko dapat merespon dan memberikan solusi.


Oleh sebab itu, admin toko wajib memiliki pengetahuan yang baik tentang produk-produk di toko grosir agen sembako. Ia juga harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. 


Memproses Penjualan.

Admin di toko grosir juga harus memproses penjualan atau pesanan yang diterima. Bisa jadi, pelanggan yang dilayaninya akhirnya memutuskan untuk berbelanja. Maka, admin toko perlu segera memprosesnya secepat mungkin.


Untuk itu, pengelola toko wajib membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang cara memproses penjualan atau pesanan. Hal ini akan memudahkan admin toko dalam melakukan pemrosesan transaksi.


Mencatat Inventaris Toko

Admin toko perlu melakukan pencatatan inventaris toko dengan baik. Hal ini diperlukan supaya manajemen toko berjalan optimal. Adapun contoh hal yang perlu masuk ke inventaris toko adalah aneka sarana pendukung operasi toko seperti kendaraan operasional, timbangan, mesin kasir, hingga kotak kemasan barang. 


Semua itu perlu dicatat oleh admin toko. Tujuannya supaya operasional toko grosir berjalan lancar karena penunjang kegiatan toko selalu tersedia.


Itulah beberapa tugas admin toko yang sangat vital bagi toko grosir agen sembako. Oleh sebab itu, admin toko memerlukan dukungan sarana administrasi toko grosir yang mumpuni seperti AYO SRC Mitra. 


AYO SRC Mitra adalah aplikasi yang mendukung operasional toko grosir agar lebih efektif. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menerima pesanan langsung dari pelanggan secara online. Selain itu, kamu dapat memberikan promosi dan program loyalitas kepada pelanggan.


Kamu juga bisa memantau perkembangan penjualan sekaligus mengelola pelanggan tokomu dengan mudah lewat AYO SRC Mitra. Oleh sebab itu, aplikasi ini akan sangat bermanfaat.


Lalu, agar toko grosir semakin maju, kamu juga bisa bergabung sebagai Mitra SRC. Ada banyak keuntungan yang didapat. Kamu akan mendapat pendampingan berkelanjutan. Selain itu, kamu langsung tergabung ke ekosistem digital SRC, sekaligus berkesempatan mendapatkan peluang kemitraan strategis bersama perusahaan dan lembaga terpercaya. 


Jadi, mari segera gabung jadi Mitra SRC dengan melakukan pengajuan melalui email ke csayosrc@src.id atau menghubungi nomor telepon 08041000234. Selain itu, kamu juga dapat mengirim pesan lewat WhatsApp BUDE di no 0811-1315-234. Kamu akan bisa membuat toko grosir agen sembako semakin maju.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us