PPN Jadi 11%, UMKM Toko Kelontong Berdampak Ga Ya?
8 Jun 2022
Cerita Sahabat
PPN Jadi 11%, UMKM Toko Kelontong Berdampak Ga Ya?

Kenaikan PPN menjadi 11% pada bulan April 2022 berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah memberikan pengecualian kenaikan pajak tersebut terhadap barang kebutuhan sehari-hari yang dijual di warung tradisional. Kebijakan tersebut membuat pelaku UMKM Toko Kelontong tidak berdampak langsung terhadap kenaikan pajak yang telah ditetapkan pemerintah.


Beberapa barang kebutuhan sehari-hari yang terbebas dari PPN 11% diantaranya;, beras, gabah, jagung, sagu, kedelai, garam, daging, telur, susu, buah-buahan, sayuran dan gula konsumsi. Beberapa barang bebas dari PPN 11% tersebut merupakan komponen barang penting bagi UMKM toko kelontong yang memang bergerak dalam penjualan kebutuhan sehari-hari. Dari daftar kebutuhan sehari-hari masyarakat, minyak goreng juga tidak termasuk dalam barang yang mendapatkan fasilitas bebas PPN 11% karena termasuk produk olahan. 


Selain karena menjual produk kebutuhan pokok, UMKM toko kelontong masuk dalam kebijakan penyesuaian tarif PPN dan bebas pajak dengan minimal omzet tertentu.


Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari menyampaikan bahwa penyesuaian tarif PPN merupakan amanat dalam pasal 7 Undang-undang Nomor 7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).


“Kebijakan tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari reformasi perpajakan dan konsolidasi fiskal sebagai fondasi sistem perpajakan yang lebih adil, optimal dan berkelanjutan” Kata Rahayu Puspasari seperti diwartakan Jawapos.com.


Lanjutnya, Rahayu Puspasari juga memberikan informasi mengenai adanya pembebasan pajak untuk pelaku UMKM dengan omzet sampai Rp 500 juta.


Dengan adanya kebijakan tersebut, menjadi bentuk kepedulian pemerintah dalam membantu pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan pelaku UMKM di Indonesia


Sejalan dengan tujuan pemerintah dalam memajukan UMKM Toko Kelontong, SRC Indonesia memberikan pendampingan dan fasilitas berupa Ekosistem Digital AYO SRC. Dengan adanya Ekosistem Digital AYO SRC, pemilik Toko Kelontong SRC jadi lebih mudah menjalankan usaha dan meningkatkan omzet penjualan.


Melalui aplikasi pojok bayar SRC, kamu bisa tingkatkan omzet penjualan dengan menjual berbagai produk digital seperti: voucher pulsa, token listrik, voucher games dan masih banyak lagi.


Yuk, ikut kembangkan usaha toko kelontong-mu menjadi Toko Kelontong Masa Kini dan gabung SRC, sekarang! Jual produk kebutuhan sehari-hari tanpa cemas kena imbas kenaikan pajak. 

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us