Rapi, Bersih dan Terang Ala Bintang SRC
12 Apr 2022
Cerita Sahabat
Rapi, Bersih dan Terang Ala Bintang SRC

Semangat mengubah toko kelontong jadi serba bisa kali ini terinspirasi dari dua Bintang SRC yaitu Pak Rizal dan Ibu Nasriah. Kedua Bintang SRC ini memiliki semangat dalam membantu sahabat SRC lainnya yang menjalankan usaha toko kelontong.


Kelebihan utama dari kedua Bintang SRC kali ini adalah merapikan Toko Kelontong SRC dengan konsep RBT (Rapi, Bersih dan Terang). Sejak bergabung dengan SRC, Pak Rizal sebagai pemilik SRC MM Kemakmuran dan Ibu Nasriah pemilik SRC Zaskia mulai berbenah menjadi Toko Kelontong Masa Kini yang rapi, bersih dan terang.


Sebelum bergabung dengan SRC, kedua toko kelontong mereka belum begitu rapi dari segi penataan. Banyak produk yang digantung dan masih tidak sesuai kategori. Selain itu, pencahayaan juga masih kurang. Belum rapi dan kurangnya pencahayaan membuat pelanggan tidak nyaman untuk mencari produk yang ingin mereka beli. Sadar akan pentingnya kenyamanan pelanggan, kedua Bintang SRC mulai merapikan Toko Kelontong SRC dengan konsep RBT. Konsep RBT yang telah mereka terapkan pada Toko Kelontong SRC berdampak pada meningkatnya omzet penjualan, karena pelanggan bisa dengan nyaman berbelanja.


Langkah awal yang mereka benahi yaitu mulai menurunkan barang yang digantung untuk dipindahkan ke rak gondola dan memberikan pencahayaan yang baik di toko kelontong. Rak gondola memudahkan mereka menata barang sesuai kategori produk. Menurunkan barang yang digantung membuat pencahayaan menjadi lebih baik karena tidak terhalang barang yang digantung. Mengubah gantungan ke rak gondola membuat pelanggan leluasa memilih barang belanjaan yang mereka inginkan.


Selain menggunakan rak gondola dan penambahan cahaya yang cukup, kebersihan Toko Kelontong SRC wajib diperhatikan. Toko Kelontong SRC yang bersih jadi gambaran bagaimana pelayanan maksimal ke pelanggan selalu diutamakan. Agar terus menjaga kebersihan toko, harus ada kedisiplinan dalam menjaga kebersihan setiap hari supaya pelanggan betah dan mau kembali berbelanja di Toko Kelontong SRC.


Setelah menerapkan konsep RBT, banyak pelanggan baru datang berbelanja kebutuhan sehari-hari mereka. Kenyamanan berbelanja membuat para pelanggan membangun loyalitas untuk kembali berbelanja ke Toko Kelontong SRC. Dampak positif tersebut membuat Pak Rizal dan Ibu Nasriah mengajak anggota paguyuban SRC lainnya agar membenahi toko kelontong menjadi rapi, bersih dan terang. Kedua Bintang SRC yakin bahwa konsep RBT juga akan membantu anggota paguyuban SRC lainnya dalam meningkatkan omzet penjualan. 


Bimbingan yang diberikan kedua Bintang SRC ini beragam. Pak Rizal rutin memberikan edukasi melalui group chat dan minimal sebulan sekali mengadakan pertemuan untuk mencari solusi dari setiap kendala yang dihadapi anggota paguyuban SRC. Ibu Nasriah membimbing para anggota paguyuban SRC dengan mengajak para anggota lain untuk melakukan pertemuan di Toko Kelontong Miliknya. Cara yang dilakukan Ibu Nasriah digunakan agar anggota lain bisa lihat secara langsung dampak dari mengubah toko menggunakan konsep RBT.



Konsep RBT sebagai pondasi awal membangun usaha Toko Kelontong Masa Kini semakin lengkap jika menggunakan sistem digital dalam mempermudah menjalankan usaha toko kelontong. Kedua Bintang SRC juga menggunakan aplikasi AYO SRC Toko agar operasional menjadi lebih cepat, mudah dan praktis.


Tunggu apalagi? Masuk ke dalam paguyuban SRC dan dapatkan pendampingan untuk terus mengembangkan toko kelontong. Kamu juga bisa masuk ke dalam Ekosistem Digital AYO SRC yang akan buat Toko Kelontong-mu jadi #SerbaBisa. Yuk gabung SRC sekarang!

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us