tips pojok lokal src menarik
30 Jul 2020
Cerita Sahabat
Tips dan Trik Membuat Rak Pojok Lokal Semakin Menarik!

Jika warung kelontong pada umumnya dikenal sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, Toko Kelontong SRC menawarkan sesuatu yang berbeda untuk Pelanggan SRC dan lingkungan sekitar. Sebagai komunitas Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), SRC juga turut mendukung keberlangsungan UMKM dari lingkungan sekitar melalui Pojok Lokal.

Sebuah rak khusus yang didedikasikan bagi pelaku UMKM di sekitar Toko Kelontong SRC untuk menjual produk usaha mereka, mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan dan berbagai macam produk khas lokal lainnya.

Walau berbentuk rak yang sederhana, ada beberapa tips dan trik membuat Pojok Lokal di toko kelontong Kamu bisa menarik perhatian pelanggan. Simak tips dan trik ala Toko Kelontong SRC berikut agar Pojok Lokal di toko Kamu menjadi semakin menarik:

Tempatkan Rak Pojok Lokal di Bagian Depan Toko

Penempatan rak Pojok Lokal di dalam toko memiliki peran besar dalam membuat toko menjadi lebih menarik. Secara umum, toko kelontong memiliki alasan tersendiri dalam pengaturan produk yang berada di rak, yaitu untuk mempengaruhi keputusan pelanggan dalam berbelanja. Agar bisa membuat rak Pojok Lokal menjadi lebih menarik sekaligus menunjukkan ciri khas dari SRC, pemilik toko dapat menempatkannya di bagian depan toko. Hal ini berpotensi menarik perhatian pelanggan terhadap produk UMKM yang ada pada rak tersebut. 


Sedia Variasi Produk

Setelah mengatur penempatan yang menarik perhatian, produk pada rak Pojok Lokal perlu memiliki variasi agar dapat memenuhi selera pelanggan yang beragam. Sediakan pilihan jajanan atau kerajinan dengan variasi jenis atau rasa untuk memberikan pilihan sekaligus memenuhi selera pelanggan. Namun, tentu saja pemilik Toko Kelontong SRC harus memperhatikan jenis produk mana saja yang lebih laku atau sedang populer di kalangan masyarakat agar variasinya bisa tetap laku dan menarik.

Perhatikan Tatanan Barang

Ketika variasi produk di rak Pojok Lokal jumlahnya semakin banyak, pemilik toko harus selalu memastikan agar produk di rak Pojok Lokal tetap Rapi dan Bersih. Produk bisa disusun berdasarkan rasa atau bahan pokok, misalnya varian keripik ditempatkan dalam satu baris. Hal ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mencari produk yang disediakan serta meningkatan kenyamanan pengalaman untuk berbelanja. Selain itu, ketika kerapihan rak Pojok Lokal terjaga, tentu akan memudahkan pemilik Toko Kelontong SRC untuk membersihkannya.


Buat Penawaran Menarik

Salah satu cara agar pelanggan lebih tertarik untuk berbelanja tentunya adalah dengan memberikan penawaran menarik. Misalnya dengan cara promo potongan harga atau menjual produk dalam bentuk paketan (bundle). Produk jajanan Pojok Lokal juga bisa dijual sekalian bersama minuman ringan atau produk lain dari persediaan toko. Adanya promo dapat membuat pelanggan senang berbelanja di Toko Kelontong SRC terdekat. Selain tips promo di atas, pemilik toko juga bisa menawarkan potongan harga jika ada pelanggan yang ingin membeli produk dalam jumlah yang banyak.

Tawarkan Secara Langsung Kepada Pelanggan

Komunikasi yang baik adalah faktor penting dan perlu dipertahankan dalam menjalankan usaha toko kelontong. Keramahan dari pemilik toko terbukti bisa menambah kenyamanan pelanggan. Lewat komunikasi yang hangat dan ramah, pemilik Toko Kelontong SRC dapat membuat produk Pojok Lokal semakin menarik bagi pelanggan yang datang ke toko. Caranya mudah, tawarkan produk yang sedang tersedia di rak Pojok Lokal tiap kali sedang melayani pelanggan.

Setelah membaca tips dan trik di atas, semoga pemilik Toko Kelontong SRC bisa membuat rak Pojok Lokal jadi lebih baik. Karena dengan aktif melestarikan keberlangsungan Pojok lokal, Toko Kelontong SRC secara tidak langsung membantu memberi dukungan untuk UMKM di lingkungan sekitar!

Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us