Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Toko Kelontong
6 Oct 2022
Cerita Sahabat
Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Toko Kelontong

Keberlangsungan bisnis toko kelontong tentunya diimbangi dengan keuntungan yang besar juga. Untuk mendapatkan hal tersebut dibutuhkan usaha dari pemilik toko untuk meningkatkan omzet penjualan hariannya juga, disamping pentingnya untuk selalu melakukan pencatatan pada pembukuan toko yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan. 


Di era seperti sekarang, omzet penjualan yang besar bisa diwujudkan dengan cara-cara yang mudah bahkan hanya dari genggaman tangan saja. Yuk, simak cara selengkapnya yang bisa kamu lakukan buat meningkatkan penjualan toko kelontong milikmu. 


Melengkapi barang dagangan

Cara meningkatkan penjualan yang paling umum adalah dengan melengkapi barang-barang dagangan dari setiap kategorinya. Contoh, jika sebelumnya toko kelontong kamu hanya menjual barang kebutuhan harian seperti sembako dan rumah tangga, mungkin kamu bisa menambah barang dagangan seperti alat-alat kebutuhan kantor atau sekolah. Apalagi seperti yang kita tahu, kegiatan anak sekolah maupun kantor sudah mulai dilakukan 100%. Peluang menambah barang dagangan alat tulis kantor dan sekolah ini semakin besar jika lokasi toko dekat dengan jalan raya atau sekolah. 


Melakukan promosi

Promosi dalam hal ini bukan hanya tentang melakukan penawaran secara langsung di depan toko dengan banner saja, tapi juga bisa lewat media sosial untuk menjangkau pelanggan setia toko. Agar semakin menarik minat pelanggan untuk berbelanja, kamu juga bisa melakukan promosi dengan membuat paket bundling produk atau potongan harga untuk barang-barang kebutuhan yang memang banyak peminatnya. 


Ikut pelatihan dan paguyuban

Jika dua cara di atas sudah dilakukan, tak ada salahnya juga buat kamu ikut pelatihan dan paguyuban pemilik toko kelontong lainnya. Jika kamu sudah bergabung dengan SRC, kamu akan mendapatkan pelatihan untuk pengembangan toko kelontong oleh coach yang memang akan membantu kamu meningkatkan omzet penjualan toko. Selain itu, kamu juga bisa ikutan paguyuban SRC di kotamu untuk dapat berbagai ilmu dan pengalaman dari pemilik toko SRC lainnya. 


Jual produk digital

Sebagai Toko Kelontong Masa Kini, sebaiknya kamu tidak hanya menjual produk barang kebutuhan harian saja, kamu sebaiknya mulai melirik produk-produk digital yang juga memiliki peminat yang tinggi. Kamu bisa mulai menjual produk digital seperti pulsa, internet, voucher games, BPJS, PLN dan lain sebagainya. Cukup dengan gabung di aplikasi AYO Toko dan manfaatkan fitur Pojok Bayar. Fitur ini memang memberikan kamu kemudahan dan harga yang kompetitif untuk kamu menjual lagi lagi produk digital yang tersedia. 


AYO Toko adalah salah satu produk ekosistem digital SRC untuk para pemilik toko kelontong dalam upaya meningkatkan omzet penjualannya. Lewat aplikasi AYO Toko, kamu bukan cuma bisa membeli produk digital, tapi juga bisa terhubung dengan Mitra SRC untuk memenuhi kebutuhan barang-barang yang ada di toko. 


Dengan berbelanja di Mitra SRC, kamu juga bisa mendapatkan berbagai kelebihan seperti waktu yang lebih efisien, alternatif pilihan barang yang lebih beragam, poin rewards hingga kesempatan menambah penghasilan tambahan. Kamu akan dihubungkan dengan Mitra SRC Terdekat dari lokasi toko kelontong-mu.


Yuk, download aplikasi AYO Toko sekarang! Jadi bagian dari komunitas Toko Kelontong Masa Kini terbesar di Indonesia. Buat Gabung dengan SRC kamu bisa ikutin langkah-langkahnya di sini. 

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us