s3 marketing toko
18 Aug 2023
Tips S3 Marketing Buat Toko Kelontong

Apakah kamu pernah mendengar istilah "S3 marketing"? Penggunaan istilah S3 marketing memang cukup populer di media sosial. Bukan dalam artian jenjang pendidikan, tapi S3 marketing adalah istilah yang menggambarkan bagaimana teknik marketing yang diciptakan berasal dari ide-ide out of the box (tidak biasa) yang berujung viral dan dibicarakan banyak orang. Bisanya, "S3 marketing" ini digunakan oleh brand-brand untuk mengenalkan produk baru atau recall tentang sebuah merek.

Tapi apakah ide-ide tak biasa yang cocok untuk diterapkan untuk jualan, khususnya buat kamu yang memiliki usaha toko? Mungkin saja, tergantung pada kondisi pasar dan kebutuhan promosi dari toko itu sendiri. Buat kamu yang mau coba menerapkan teknik S3 marketing di toko, yuk terapkan beberapa cara ini yang bisa kamu lirik:


1. Cari tahu tentang tren saat ini

Untuk menciptakan ide yang dilirik, tahapan pertama yang dilakukan adalah mencari tahu tentang tren yang sedang berkembang saat ini. Kamu bisa mulai dengan mencari tren-tren tersebut di media sosial dan coba untuk menghubungkan dengan promosi buat toko kamu.


2. Tentukan produk yang ingin dipromosikan

Setelah mengetahui trend yang sedang berkembang saat ini, kamu bisa mulai menentukan produk yang mau kamu promosikan. Misalnya saja, kamu ingin mengangkat tren hari kemmerdekaan, kamu bisa melakukan ide promosi untuk barang-barang yang berwarna merah Dan putih, yang sekaligus bisa kamu bundle untuk dijual di tokomu.


3. Bikin desain kreatif

Setelah mengetahui trend dan produk yang mau dipromosikan, ini saatnya buat kamu membuat desain yang menarik, namun tetap jelas tujuan promosi pada pelanggan. Gunakan desain soft selling untuk produk yang mau kamu angkat. Misalnya, pakai desain uang lama untuk promosi bundling produk agar menarik perhatian pelanggan.


4. Coba sarana promosi di toko

Ide, barang dan desain sudah mantap, saatnya kamu menentukan sarana promosi untuk S3 marketing di toko. Coba untuk memanfaatkan ruang promosi di rak-rak utama atau dekat kasir agar lebih menarik perhatian pelanggan. Atau bisa juga dengan kamu membuat standing banner depan toko agar lebih menarik pelanggan untuk datang ke tokomu. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial pribadi untuk mempromosikan produk di toko pada pelanggan setiamu. 


Nah itu dia empat cara yang bisa kamu terapkan buat S3 marketing di toko kelontong. Untuk mengetahui artikel seputar pengembangan toko lainnya, silahkan klik link ini. Kamu juga bisa download aplikasi AYO Toko buat bantu mengembangkan usaha toko kelontong kamu #JadiLebihBaik. 



Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us