mengawali usaha toko kelontong
22 Dec 2020
3 Ide Mengawali Usaha dengan Modal Kecil

Mengawali usaha dengan modal kecil bukan halangan, karena banyak peluang terbuka yang bisa Sahabat SRC dapatkan. Jika jeli melihat kesempatan, dan memiliki strategi tepat serta perencanaan matang, Sahabat SRC bisa menjadikan usaha dengan modal kecil sebagai usaha kecil menjanjikan.  

Berikut 3 ide usaha modal kecil yang bisa Sahabat SRC jadikan rujukan untuk mengawali usaha sebagai pemula:

1. Usaha Makan Ringan dan Cemilan Kemasan

Usaha makanan ringan dan cemilan kemasan sedang naik daun. Terbukti saat ini beberapa produk cemilan tradisional telah mulai mengisi rak makanan ritel modern. Hal ini bisa Sahabat SRC jadikan ide usaha dengan modal kecil karena potensi untung yang dihasil serta peluang kedepannya juga cukup menjanjikan. Untuk modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini sendiri yakni kisaran Rp3-5 juta.

Berikut tips singkat yang bisa Sahabat SRC tiru sebelum memulainya:

  1. Paham keunikan dari produk makanan ringan yang ingin dibuat
  2. Lihat peluang pasar yang ada
  3. Buat konsep yang menarik mengenai makanan ringan tersebut
  4. Buat kemasan semenarik mungkin
  5. Mulai mempromosikannya

2. Usaha Kreatif Rumahan atau Kerajinan Tradisional

Terdapat ragam ide usaha kreatif yang bisa Sahabat SRC coba tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Di luar menentukan target pasar, usaha kreatif rumahan dan kerajinan tradisional ini hanya butuh mempertimbangan sumber daya dan kreatifitas yang dimiliki. Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini sendiri yakni kisaran Rp3-5 juta.

Berikut contoh usaha kreatif rumahan yang bisa Sahabat SRC coba:

  1. Membuat peralatan rumah tangga dari bahan rotan: Usaha ini punya peluang menarik, selain itu bahan bakunya juga mudah didapat.
  2. Membuat usaha kerajinan tangan dari ukiran atau pahatan (mebel): Kerajinan tangan selalu diminati, aksesoris berupa gelang atau kalung yang terbuat dari kayu banyak diincar oleh penikmat aksesoris etnik, sama halnya dengan kerajinan tangan berupa ornamen rumah seperti ukiran dan pahatan.
  3. Usaha keramik rumahan berupa vas bunga dan lainnya dari tanah liat: Usaha ini selalu menarik untuk menjadi interior dan eksterior ruangan.
  4. Kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas: Raup untung besar dari bisnis daur ulang. Selain menjaga kelestarian lingkungan juga bisa menghasilkan cuan.
  5. Kerajinan tangan dari bambu dan anyaman: Usaha ini memiliki prospek yang besar dan bahan bakunya juga mudah didapatkan.

Usaha kreatif rumahan dan kerajinan tangan tradisional ini bisa diubah menjadi peluang usaha dengan modal kecil yang menjanjikan. Bahkan peluang pemasaran hingga ke luar negeri untuk usaha ini juga terbuka lebar



3. Usaha Toko Kelontong

Selain kedua usaha di atas, mengawali usaha toko kelontong adalah alternatif bagi pemula yang layak dicoba. Dengan modal sekitar Rp2-5 juta, Sahabat SRC bisa membuka toko kelontong sebagai langkah awal memulai usaha rumahan.

Melihat pertumbuhannya, toko kelontong akan tetap menjanjikan karena menjual kebutuhan harian, bukan sekadar menyediakan kebutuhan musiman seperti usaha lainnya.

Pun kini, toko kelontong bisa dipadukan dengan konsep digital seperti ritel modern, sehingga toko kelontong bisa lebih laris sebab toko kelontong Sahabat SRC bisa ditemukan dengan mudah.

Berikut tips sederhana dalam membuka usaha toko kelontong

  1. Sesuaikan jenis toko dengan modal yang tersedia: Toko kelontong cukup fleksibel. Sahabat SRC bisa memulai usaha ini dengan menyesuaikan dari modal yang Sahabat SRC punya.
  2. Siapkan ruangan untuk mengawali usaha toko kelontong: Sahabat SRC bisa menggunakan ruangan di depan rumah untuk memulai usaha ini. Tidak perlu menyewa tempat khusus sekalipun.
  3. Data jenis barang atau produk yang ingin dijual: Dengan ini Sahabat SRC bisa memetakan kebutuhan harian konsumen terdekat tempat Sahabat SRC membuka usaha.
  4. Mencari supplier / mitra yang tepat: Dengan ini pasokan barang usaha Toko Kelontong Sahabat SRC akan terus terjaga, sehingga supply tetap lancar.
  5. Mengatur tata kelola ruangan dan tatanan barang agar lebih enak dipandang dan mudah dicari: Menata produk tentu akan mempercantik usaha toko kelontong Sahabat SRC. Pelanggan nyaman dan penghasilan lancar.
  6. Berikan pelayan terbaik bagi pelanggan: Salah satu cara menjaga pelanggan adalah dengan memberikan pelayan yang baik dan ramah. Ingat, pelanggan adalah sumber penghasilan utama Sahabat SRC.

Tentunya masih banyak ide alternatif yang bisa Sahabat SRC dapatkan untuk memulai usaha modal kecil sebagai pemula. Terutama jika Sahabat SRC tertarik mengawali usaha toko kelontong, Sahabat SRC bisa memanfaatkan inovasi yang telah dikembangkan oleh SRC. Di SRC, usaha toko kelontong dapat mendukung UMKM setempat, misalnya makanan ringan atau cemilan kemasan yang bisa ditonjolkan di rak khusus Pojok Lokal SRC

Selain itu, untuk membantu Sahabat SRC mengelola usaha, SRC juga menyediakan ragam fitur pengelolaan toko digital untuk mempermudah pemilik toko mengelola administrasi penjualan. SRC juga memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai cara menata toko yang rapi, bersih dan terang sehingga toko kelontong Sahabat SRC dapat berperan maksimal memberikan keuntungan.

Semua fitur tersebut merupakan inovasi SRC untuk mendukung toko kelontong tradisional menjadi Toko Kelontong Masa Kini yang dekat, hemat dan bersahabat bagi masyarakat layaknya ritel modern yang saat ini berkembang pesat.



Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us