Usaha di masa pandemi
20 Aug 2021
Kabar SRC
Warung Kelontong Jadi Usaha Modal Kecil yang Bertahan di Masa Pandemi

Sudah hampir dua tahun terakhir pandemi COVID-19 membuat beberapa usaha terganggu. Namun tak berlaku untuk usaha modal kecil seperti warung kelontong yang menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat secara mikro, yang masih dapat terus bertahan di tengah gempuran krisis ekonomi yang disebabkan COVID-19. 


Menurut Sri Mulyani, perekonomian Indonesia tidak bisa terhindar dari dampak  pandemi COVID-19. Pada kuartal II - 2020, perekonomian Indonesia terkontraksi sangat dalam, yakni minus 5,32%. Tingginya tingkat pengangguran memaksa masyarakat lebih kreatif memanfaatkan modal usaha kecil untuk membuka peluang usaha di masa pandemi


Modal memang kerap menjadi faktor penghambat seseorang untuk memulai sebuah usaha, padahal warung kelontong jadi usaha dengan modal kecil yang bisa kamu coba. Dengan membuka warung kelontong, kamu bisa menjual berbagai macam sembako seperti beras, minyak, gula, dan bahan pokok lainnya. 

Bahan pokok menjadi kebutuhan primer yang masyarakat yang sulit tergantikan. Dalam situasi apapun termasuk krisis ekonomi, usaha di sektor kebutuhan primer bisa bertahan. Hal itu membuat resiko usaha menjadi lebih kecil dibandingkan sektor usaha lainnya.


Warung kelontong bisa disebut usaha modal kecil karena kamu bisa menyesuaikan sendiri bahan pokok yang nantinya kamu akan jual. Kamu bisa melakukan usaha secara bertahap dengan mengumpulkan keuntungan yang kamu terima dari membuka warung kelontong. Jika ingin usaha warung kelontong yang kamu miliki terus berkembang, kamu harus terus berinovasi dan merapikan pembukuan agar modal dan keuntungan jelas.


Agar usahamu terus berinovasi dan berkembang, kamu bisa bergabung dengan SRC. Dengan bergabung bersama SRC, kamu akan mendapatkan pendampingan usaha secara berkelanjutan terkait rekondisi toko, manajemen toko, aktivitas pelanggan, literasi digital, pengembangan usaha, dan berbagai peluang bisnis lainnya.

Dengan bergabung bersama SRC, warung kelontong kamu akan bertransformasi menjadi Toko Kelontong Masa Kini.Dengan adanya Pojok Lokal SRC, toko kelontong kamu bisa berkolaborasi dengan produk UMKM yang ada disekitar, sehingga produk yang kamu tawarkan akan lebih bervariasi. Usaha toko kelontong bersama SRC menjadikan usahamu lebih berinovasi agar bisa bertahan di tengah hantaman krisis ekonomi saat ini. Di sisi lain, SRC juga membantu UMKM sekitar untuk terus berkarya dan tumbuh bersama Pojok Lokal SRC. Pojok Lokal SRC adalah area khusus  di Toko Kelontong SRC yang menyediakan berbagai macam produk UMKM atau produk komunitas di sekitar lingkungan SRC terdekat.  Pojok Lokal SRC merupakan komitmen SRC dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.


SRC sebagai Toko Kelontong Masa Kini terus berinovasi dengan menyediakan sebuah ekosistem berbasis digital yang membantu kegiatan transaksi. Berbagai macam produk digital ditawarkan, diantaranya:

  • AYO SRC Toko 

AYO SRC Toko adalah sebuah aplikasi yang akan  membantu pemilik Toko Kelontong SRC dalam mengelola ritel. Bagi para toko kelontong yang telah bergabung dalam jaringan SRC, Toko SRC kamu akan lebih mudah ditemukan oleh konsumen dan akan muncul di aplikasi AYO SRC Indonesia untuk konsumen. Kamu akan mendapatkan info seputar promosi dan kode promo yang diberikan oleh agen. Belanja kebutuhan toko kelontong akan lebih pintar dan ringkas.

  • AYO Kelontong

AYO Kelontong adalah aplikasi yang diperuntukkan untuk pelanggan Toko Kelontong SRC. Dengan aplikasi AYO Kelontong, pelanggan bisa memesan barang kebutuhan sehari-hari dengan mudah melalui fitur pesan antar, mengikuti berbagai hiburan seru dengan fitur Tantangan dan Main bareng. Selain itu, pelanggan bisa mendapatkan berbagai macam penawaran menarik melalui fitur promo dan Voucher potongan harga.

  • AYO SRC Kasir

AYO SRC  Kasir adalah aplikasi yang berbasis POS (Point of Sales) yang akan membantu para pemilik toko untuk mencatat penjualan toko secara real time. Selain itu, pemilik toko juga bisa mengakses ribuan data produk yang ada di toko  dan melihat ketersedian stok untuk kemudahan penjualan setiap harinya. 

  1. Pojok Bayar SRC

Beberapa fitur pembayaran yang bisa dimanfaatkan pelanggan di aplikasi Pojok Bayar SRC yaitu pembelian Token Listrik, Voucher Pulsa, bayar tagihan telepon & internet, BPJS, PDAM, asuransi, kartu kredit, multi finance, sampai dengan Voucher games. Tidak hanya itu, Pojok Bayar SRC juga menyediakan pembayaran tiket transportasi seperti kereta dan pesawat.


Yuk bergabung dengan SRC! Inovasi yang terus diberikan SRC akan membantu perkembangan usaha yang sedang kamu jalankan dan menjadikannya Toko Kelontong Masa Kini. Dengan bergabung bersama SRC, kamu bisa berkontribusi membangkitkan perekonomian Indonesia karena toko kelontong menjadi bagian dari UMKM yang memiliki peran besar pada PDB negara kita, lho!


Source:

Augustus 2020, CNBC Indonesia, Update Sri Mulyani Soal Krisis Ekonomi Akibat Corona, Simak!



Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us