3 Manfaat Pembukuan Toko untuk Kesuksesan Usaha
20 Sep 2021
Kabar SRC
3 Manfaat Pembukuan Toko untuk Kesuksesan Usaha

Pembukuan toko menjadi faktor penting dalam keberhasilan menjalankan usaha. Setidaknya, dengan pembukan toko kita bisa mencatat modal, pendapatan harian, dan pengeluaran belanja kebutuhan usaha. Bukan hanya untuk jenis usaha modal besar, namun juga untuk usaha kreatif dengan modal kecil seperti UMKM juga membutuhkan pembukuan toko agar cash flow tetap tercatat dengan baik. 


UMKM seperti toko kelontong misalnya, pembukuan toko sangat diperlukan dalam menjalankan keberlangsungan usaha. Idealnya, pembukuan toko dilakukan harian hingga mingguan agar semua biaya barang maupun jasa tetap terpantau sesuai dengan estimasi usaha yang dilakukan. Demikian halnya dengan bidang usaha kreatif yang biasanya menambahkan biaya jasa dan bahan baku kerajinan.  


Jika kamu memiliki usaha toko kelontong, beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika usaha Toko Kelontong yang kamu rintis memiliki pembukuan toko yang baik:


1.Pembukuan Keuntungan Toko

Pembukuan toko akan memudahkan pemilik toko mengetahui keuntungan dari usaha toko kelontong miliknya. Jika pendapatan dan pengeluaran tidak tercatat dengan baik, akan membuat pemilik toko bingung dengan pendapatan dan laba yang dia dapat, baik harian, bulanan, atau tahunan..


2.Pembukuan Stok Toko

Ketika kamu melakukan pembukuan toko secara manual, mengatur stok barang yang dijual di toko kelontong (kasih hyperlink yang daftar barang) akan lebih sulit dilakukan. Mengatur stok produk penting agar kamu bisa menentukan barang mana yang lebih laris.


3.Pembukuan Modal Toko

Ketika stok barang sudah tercatat dengan baik dalam pembukuan toko, kamu bisa tahu mana produk yang laris dan produk mana yang memerlukan promo agar laku. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu untuk merencanakan dan menambah stok produk yang cepat laris. Dengan begitu kamu bisa lebih memaksimalkan penggunaan modal karena tidak membeli produk yang kurang laris.


Di era serba digital seperti sekarang, pembukuan toko kelontong sudah bisa dilakukan dengan mudah, seperti menggunakan sistem POS (Point Of Sales). Transaksi dengan sistem POS bisa mendata segala transaksi untuk membantu pembukuan toko lebih efisien. Aplikasi AYO SRC Kasir adalah sistem POS yang digunakan para pemilik usaha Toko Kelontong SRC. Dengan aplikasi AYO SRC Kasir, pemilik toko tidak hanya mendapatkan kecepatan proses transaksi, tapi bisa mendata stok barang yang membantu para pemilik toko menentukan barang mana yang lebih laris. Dengan informasi real time yang diberikan, pemilik Toko SRC lebih efisien mengolah modal dalam mengisi barang-barang yang berpotensi lebih laris.

AYO SRC Kasir merupakan ekosistem digital SRC yang terintegrasi dengan aplikasi AYO SRC Toko. Seperti diketahui, manfaat AYO SRC Toko bisa digunakan pemilik Toko Kelontong SRC untuk memenuhi stok barang, bertransaksi digital dengan Mitra SRC serta melakukan penjualan beragam produk digital seperti beli pulsa, token listrik, PDAM, BPJS hingga PBB. Dengan menggunakan AYO SRC Toko, pemilik toko juga bisa memanfaatkan kemudahan mencetak nota belanja untuk pembeli.  


Yuk, jadi bagian Toko Kelontong Masa Kini dengan menggunakan AYO SRC Kasir sebagai pembukuan toko yang lebih inovatif dan AYO SRC Toko untuk kemudahan mengelola toko. Download Aplikasi AYO SRC sekarang di Playstore!


Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us