Aplikasi kasir toko, AYO SRC Kasir
7 May 2021
Kabar SRC
3 Tips Mengelola Pembukuan dengan Aplikasi Kasir Toko

Usaha yang berkembang ketika pemilik mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan tempat. Seperti pengembangan usaha yang sangat berpengaruh dari sisi pembukuan toko kelontong yang efektif. Saat ini, SRC sudah menyediakan aplikasi kasir toko bernama AYO SRC SRC Kasir yang memudahkan pemilik toko mengelola usaha toko kelontong miliknya. 


Berikut tiga tips yang Sahabat SRC dapat lakukan dalam mengelola pembukuan toko dengan memanfaatkan aplikasi kasir toko.


1.Pencatatan pengeluaran dan pemasukan

Besaran biaya yang dikeluarkan dalam sebuah usaha wajib untuk dilakukan pencatatan sebagai pembukuan toko. Pun demikian ketika usaha berjalan, maka pemilik toko juga harus rajin untuk memperbarui jumlah pemasukan yang didapat dari usaha toko kelontong. Kehadiran aplikasi kasir toko tentunya sangat memudahkan dalam pencatatan pengeluaran dan pemasukan.

Sebab, pada aplikasi kasir toko ini, pemilik toko kelontong dapat mencatat secara real time pengeluaran dan pemasukan toko dari sisi stok barang lewat beragam fitur yang ada. Pada aplikasi AYO SRC Kasir misalnya, saat pembeli melakukan pengeluaran dengan membeli stok barang maka ada fitur Produk yang akan ter-, setelah pemilik toko memanfaatkan fitur Pembelian untuk menambah stok barang. Sementara untuk pencatatan pemasukan, pengguna aplikasi AYO SRC Kasir dapat memanfaatkan fitur Kasir yang dapat di manual. 

Perbandingan jumlah pengeluaran dan pemasukan pun bisa dilihat real time lewat fitur Laporan pada aplikasi kasir toko dari SRC ini. Data dari pembukuan toko bisa dilihat dalam kurun waktu harian, mingguan bahkan bulanan.  



2.Tinjau laba/keuntungan 

Selain menampilkan pembukuan toko dari sisi pengeluaran dan pemasukan, sebuah aplikasi kasir toko biasanya juga akan menampilkan fitur yang memperlihatkan keuntungan yang didapat dari usaha. Pada aplikasi kasir toko, AYO SRC Kasir, pengguna dapat menggunakan fitur Laporan untuk meninjau besar laba atau keuntungan yang didapatkan oleh toko. Penyajian data dalam bentuk grafik juga akan memudahkan pemilik toko melihat kurva yang fluktuatif atau meningkat dari usaha toko miliknya. 

Peninjauan laba atau keuntungan tentunya akan memberikan kemudahan dalam pembukuan toko untuk menentukan langkah pengembangan toko yang efektif


3.Catat Piutang & Pinjaman

Pemasukan, pengeluaran, dan keuntungan sudah dicatat, lalu yang tak kalah penting untuk dicatat adalah besaran piutang dan pinjaman. Dalam menjalankan usaha, sangat wajar jika pemilik toko kelontong merasa kekurangan modal sehingga membutuhkan pinjaman modal. SRC pun menyediakan fitur Pojok Modal untuk membantu pemilik toko mengembangkan usaha toko kelontong miliknya. Jangan lupa untuk mencatat besaran pinjaman dan kapan waktu harus mengembalikannya karena dengan begitu Sahabat SRC dapat melihat perkembangan usaha dengan baik. 

Selanjutnya piutang yang biasanya berasal dari pelanggan SRC juga seharusnya dilakukan pencatatan. Jangan sungkan untuk menagih pada pelanggan agar pembukuan toko tetap berjalan lancar. 


Nah, itulah tiga tips yang dapat diterapkan dalam mengelola pembukuan toko dengan memanfaatkan aplikasi kasir toko seperti AYO SRC Kasir. Selain menggunakan AYO SRC Kasir, pemilik toko sebaiknya juga melakukan pembukuan toko secara manual untuk mencatat inventaris dan biaya tetap seperti listrik serta biaya operasional seperti pegawai. Tips lainnya yang bisa dilakukan juga sebaiknya memisahkan rekening usaha toko kelontong dengan rekening pribadi agar lebih memudahkan dalam mengetahui perkembangan usaha. 


Yuk, download aplikasi AYO SRC Kasir sekarang dan nikmati beragam manfaat untuk pengembangan usaha toko kelontong!


Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us