5 Ide Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakukan di Rumah
6 May 2021
Kabar SRC
5 Ide Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakukan di Rumah

Saat akan mengawali usaha, pasti yang terlintas pertama kali adalah: “Berapa modal usaha yang dibutuhkan?”. Tidak perlu sampai harus modal hingga puluhan juta, di era serba digital seperti sekarang, usaha modal kecil rasanya bukan hal yang sulit untuk direalisasikan. Saat memilih ide buka usaha pun kita pasti menginginkan usaha dengan modal kecil ini bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang. 


Beberapa ide buka usaha bagi pemula berikut ini bisa diterapkan di rumah, tentunya dengan modal usaha relatif kecil yang bisa dimulai dari bahkan hanya Rp300 ribu rupiah saja! 


1.Dropshipper online

Belakangan ide buka usaha dengan konsep shipper cukup banyak digandrungi lantaran modalnya yang terbilang kecil. Dropshipper sendiri adalah konsep perdagangan di mana penjual hanya membutuhkan strategi pemasaran dalam menjual barang dagangannya. Usaha modal kecil menjadi shipper hanya berupa pulsa internetan yang biasanya digunakan untuk memasarkan produk. 

Menjadi shipper artinya tidak memiliki produk barang karena barang tetap berada di tangan produsen, sementara shipper memasarkan dengan memasang foto produk secara online untuk menarik pembeli. Saat calon pembeli sudah ada, biasanya pengemasan hingga pengiriman produk juga dilakukan oleh produsen dan shipper tinggal menunggu keuntungan dari penjualan. Sistem ship ini cukup sering jadi andalan ide buka usaha awal bagi para pemula yang hanya ingin di rumah saja. 


2.Cemilan dan kue kering

Usaha modal kecil selanjutnya yang bisa dilakukan adalah makanan kecil atau cemilan. Bagi Sahabat SRC yang gemar masak atau membuat kue pasti menyenangkan melakukan usaha kuliner ini karena seiring dengan hobi. Beberapa ide cemilan dan kue yang bisa dijual seperti keripik singkong, keripik pisang, brownies, aneka kue kering, bolu, lapis legit, dan lain sebagainya. 

Tidak perlu modal yang besar, usaha kuliner rumahan ini bisa dilakukan dengan modal hanya ratusan ribu saja. Misalnya saja untuk rincian usaha jual keripik singkong seperti biaya gas, air dan listrik sebesar Rp250 ribu termasuk biaya pokok bulanan. Sementara modal bahan baku seperti singkong, bumbu dan minyak bisa menghabiskan sekitar Rp500 ribu untuk sekali awal penjualan. Karena tergolong usaha modal kecil, Anda bisa melakukan uji coba produksi dengan mencoba sekali putaran terlebih dulu. 


Toko Kelontong SRC menyediakan rak Pojok Lokal yang bisa dimanfaatkan untuk titip jual/memasarkan produk barang dagangan UMKM sekitar toko. Dengan menaruh produk dagangan di Toko Kelontong SRC memudahkan Anda dalam pemasaran sekaligus mengetahui selera pasar. Pemilik toko biasanya akan melaporkan hasil penjualan ketika produk UMKM yang Anda titipkan sudah setengah atau sepenuhnya laku. Maka Anda pun dapat melakukan produksi kembali, dengan harapan keuntungan yang didapat membantu dalam pengembangan usaha. 


3.Kerajinan tangan

Jika belum cukup percaya diri untuk ide buka usaha kuliner, maka Anda bisa melakukan usaha kerajinan tangan. Jenis kerajinan tangan dengan modal kecil yang bisa dilakukan di rumah seperti aksesori wanita; gelang dan kalung dari manik-manik dengan motif yang menarik. Jika rumah Anda berada di sekitaran tempat wisata, maka bisa dengan mudah memasarkannya. Atau dapat juga memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menjual produk kerajinan tangan lewat marketplace.

Selain aksesori wanita, beberapa contoh kerajinan tangan lainnya yang bisa dijadikan contoh usaha modal kecil seperti tas atau produk rajut, produk dengan cetakan desain lukisan asli seperti gelas, kaos atau yang lainnya. 


4.Jasa laundry

Ide buka usaha modal kecil yang cukup menjanjikan lainnya adalah membuka jasa laundry. Saat ini, sudah banyak orang yang berpikir simpel untuk lebih baik laundry daripada menyuci dan menyetrika baju sendiri. Modal yang dibutuhkan untuk usaha laundry sendiri terbilang tidak terlalu besar, Anda hanya perlu modal perlengkapan mencuci seperti deterjen, pewangi pakaian, mesin cuci, mesin pengering pakaian, setrika, steamer, dan plastik untuk pengemasan akhir hasil laundry. 

Sebagai contoh modal yang bisa dikeluarkan untuk usaha laundry ini berkisar Rp5 juta untuk membeli mesin cuci yang sudah dilengkapi dengan pengering dan Rp1.5 juta untuk perlengkapan lainnya beserta biaya listrik. Mulailah ide buka usaha laundry ini di rumah, jika sudah berkembang bisa menyewa tempat.

5.Toko kelontong

Usaha modal kecil untuk jangka waktu panjang selanjutnya yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan membuka toko kelontong. Ya, toko kelontong keberadaannya cukup penting bagi masyarakat sehingga akan terus tumbuh dan berkembang. Modal membuka toko kelontong saat ini berkisar 6 juta rupiah yang termasuk dengan biaya operasional dengan detail sebagai berikut: (*perhitungan hanya ilustrasi harga tidak menjamin sesuai dengan market saat ini*

  • Rak, etalase, meja & kursi Rp1.500.000
  • persediaan barang dagangan Rp3.000.000 
  • Biaya operasional meliputi listrik, air, dll: Rp500.000
  • Belanja barang habis Rp1.500.00

Bergabung dengan SRC juga bisa jadi salah satu solusi untuk mengembangkan usaha. Saat gabung dengan SRC, maka pemilik toko akan mendapatkan pelatihan tentang cara menata toko yang baik dan menarik. Selain itu, bergabung dengan SRC juga memungkinkan pemilik toko mendapatkan banyak keuntungan lainnya seperti bantuan modal lewat Pojok Modal dan aplikasi digital AYO SRC Toko yang membantu operasional hingga pembukuan toko. 


Nah, itu dia lima ide usaha modal kecil yang bisa dilakukan hanya di rumah saja. Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan modal saat ini. Yuk, mulai lakukan perubahan kecil untuk menggerakkan roda perekonomian!



Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us