Bantu Inovasi usaha di desa melalui Pojok Lokal SRC
8 Jun 2022
Kabar SRC
Bantu Inovasi usaha di desa melalui Pojok Lokal SRC

Membuka usaha di desa bukan berarti tidak bisa berkembang dan maju. Melakukan inovasi usaha di desa diperlukan agar bisa bersaing mendapatkan konsumen. Inovasi usaha yang dimaksud adalah membuat sebuah produk inovasi yang berbeda dari produk yang sudah banyak beredar di lingkungan sekitar usaha. Produk inovasi bisa dengan memanfaatkan sumber daya yang ada disekitar lingkungan.


Beberapa jenis inovasi usaha di desa yang bisa kamu kembangkan, diantaranya:


Sayuran Organik

Berbeda dengan sayuran pada umumnya, sayuran organik adalah jenis sayuran yang dalam proses menanamnya terbebas dari bahan pestisida. Sehingga nilai jual produk sayuran organik lebih tinggi dari sayuran pada umumnya. Cara mendistribusikan sayuran organik bisa dijual secara langsung ke pelanggan atau dititipkan di toko-toko sekitar. Untuk menjaga kualitas, sayuran organik bisa disimpan ke dalam kulkas atau dihindari dari cahaya matahari langsung.


Oleh-oleh Makanan Kekinian Khas Daerah

Oleh-oleh makanan dengan menggunakan bahan produk unggulan dari daerah tertentu, bisa bantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Contohnya: inovasi usaha keripik nangka dan keripik buah yang menjadi ciri khas kota Malang. Dengan memanfaatkan produk unggulan daerah, para petani buah bisa melakukan inovasi produk olahan dari buah lainnya.


Produk Ramah lingkungan

Inovasi usaha lainnya yang bisa dikembangkan di desa adalah pemanfaatan bahan ramah lingkungan untuk dijadikan souvenir atau produk pengganti plastik. Contohnya: sedotan dari rumput liar yang belum lama dipromosikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam forum, pada sidang PBB beberapa waktu lalu. Produk ramah lingkungan tersebut sangat berpotensi dalam meningkatkan ekonomi daerah dan perlu dibantu untuk diperkenalkan lebih luas lagi.


Sejalan dengan komitmen dalam memajukan Toko Kelontong dan UMKM sekitar, SRC Indonesia menyediakan pojok lokal SRC pada setiap Toko Kelontong SRC di seluruh Indonesia.


Pojok lokal SRC adalah rak khusus yang disediakan untuk pelaku UMKM sekitar Toko Kelontong SRC. Mereka bisa dengan mudah menitipkan produk olahan seperti makanan, minuman, souvenir dan lainnya. Dengan adanya pojok lokal SRC, distribusi produk UMKM semakin luas dan banyak dikenal orang.


Yuk jadi bagian semangat #BawaPerubahan dalam membangun ekonomi daerah bersama SRC Indonesia! Dapatkan kesempatan masuk ke dalam Ekosistem Digital AYO SRC agar lebih mudah mengembangkan usaha toko kelontong.


Buruan gabung SRC sekarang! Jadi Toko Kelontong Masa Kini dan #BawaPerubahan nyata untuk UMKM Indonesia!

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us