Kerja sama SRCIS dan BRI dukung pengembangan
24 May 2021
BRI dan SRCIS Dukung Layanan Perbankan Digital Toko Kelontong Masa Kini

Jakarta - BRI kembali menginisiasi kerja sama layanan perbankan dengan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) untuk pengembangan toko kelontong sebagai bagian dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman/ Memorandum of Understanding (MoU) antara BRI dan SRCIS di Jakarta, Senin (18/5).


Direktur Hubungan lembaga dan BUMN BRI Agus NOOrsanto mengatakan kolaborasi ini merupakan bagian dari semangat BRI dan SRCIS untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan menggiatkan ekonomi kerakyatan. "Kerjasama dengan toko kelontong dilakukan untuk mendukung program pemanfaatan teknologi yakni digitalisasi para pelaku UMKM dalam hal ini pengusaha toko kelontong SRC untuk pengembangan bisnis toko kelontong," katanya.


Kerjasama BRI dan SRCIS ini berupa hadirnya layanan perbankan pada toko-toko kelontong di bawah naungan SRCIS. Dengan demikian pemilik usaha toko kelontong dan konsumen akan mendapatkan berbagai kemudahan untuk menikmati layanan perbankan milik BRI. Toko kelontong yang bekerja sama dengan BRI akan dilengkapi layanan perbankan seperti kemudahan dalam pembukaan rekening, melakukan transaksi perbankan secara digital dan keagenan BRILink.


Agus mengatakan dengan adanya fasilitas perbankan di toko kelontong tersebut, diharapkan para pemilik toko kelontong binaan SRCIS dapat mengembangkan dan membesarkan volume penjualan di toko yang dikelolanya secara modern.


Adapaun BRI dan SRCIS sama-sama memiliki jaringan kerja yang sangat luas tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di daerah-daerah. Dengan demikin kerjasama ini akan membuka peluang bagi UMKM khususnya toko kelontong untuk terus berkembang dengan sistem yang terintegrasi.


"Kerjasama ini dapat berdampak positif sampai ke daerah-daerha sehingga bisa menjadi kekuatan kolaborasi untuk menciptakan transaksi dan volume penjualan yang lebih optimal, dan ini tentu juga berdampak untuk menggerakkan perekonomian nasional," kata Agus.


Direktur SRCIS Rima Tanago mengatakan, bahwa SRCIS menyambut baik kolaborasi dengan BRI yang akan memperkuat ekosistem digital SRCIS yang sudah kekinian. Apalagi saat ini SRC memiliki jaringan lebih dari 130.000 toko dan menyebar di seluruh wilayah di Indonesia dan memungkinkan semua pihak yang terlibat dalam transaksi ritel akan lebih mudah mengakses produk BRI maupun SRC.


"Kerjasama strategis ini merupakan kabar gembira bagi kita semua. Kami sebagai jaringan toko kelontong terbesar di Indonesia, kami siap bekerjasama dengan BRI untuk mendukung SRC menjadi toko kelontong masa kini, dengan melakukan kerjasama pembukaan rekening bank dengan cara yang mudah bagi pemilik toko kelontong, sehingga toko kelontong bisa melakukan transaksi perbankan secara online, toko kelontong juga dapat melakukan pembayaran secara cashless, dan kemudahan layanan perbankan lain yang masih banyak lagi," kata Rima.


BRI maupun SRCIS memiliki komitmen yang sama untuk membantu UMKM lebih mudah mengakses produk finansial. Terlebih, saat ini toko kelontong dibawah naungan SRCIS lebih berkembang dengan gaya kekinian, sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen untuk berbelanja ke toko kelontong, karena layanannya yang terus disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.


"Melalui kerjasama dengan BRI, pemilik toko kelontong SRC juga diberikan kemudahan layanan perbankan lainnya, yaitu toko bisa menjadi Agen BRILink dalam mendukung program pemerintah untuk cashless society dengan menjadi Agen, sebagai sarana pembukaan rekening bank bagi pelanggan di sekitarnya dan membantu pelanggannya dalam melakukan transaksi perbankan secara online," ujarnya. Harapan lebih lanjut, makin banyak masyarakat yang berbelanja ke toko kelontong sehingga perekonomian masyarakat juga dapat terus bergerak dan berkembang.


Rima mengakatan kerjasama ini sakan menjadi langkah awal bagi toko kelontong untuk terus berkembang menjadi toko kelontong masa kini yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Saat ini, toko kelontong SRC terus didorong untuk meningkatkan daya saingnya sebagai bagian dari UMKM di Indonesia yang inovatif, adaptif, dan kompetitif.


Tentang SRC


SRC adalah Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program pembinaan kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), dan bertujuan untuk meningkatkan daya saing para pemilik Toko Kelontong melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan. Toko yang tergabung dalam SRC menggambarkan Toko Kelontong Masa Kini dengan tampilan yang mudah dikenali, toko yang tertata lebih rapi, bersih, terang, dan memberi rasa nyaman bagi pelanggannya dibandingkan toko kelontong pada umumnya.


Program SRC yang sudah dimulai sejak tahun 2008, saat ini memiliki jaringan SRC mencapai lebih dari 130.000 toko dan menyebar di seluruh wilayah di Indonesia. Persebaran SRC adalah di 408 kabupaten/kota di 34 Provinsi di seluruh Indonesia.


Untuk informasil lebih lanjut, silahkan kunjungi: www.src.id

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us