Terapkan 3J Agar Toko SRC Aman Dari Penipuan
31 Oct 2022
Kabar SRC
Terapkan 3J Agar Toko SRC Aman Dari Penipuan

Seiring dengan perkembangan digital yang pesat, risiko yang mengikuti juga bertambah. Salah satunya ancaman penipuan di dunia maya. Tidak sedikit yang secara khusus mengincar satu pihak seperti toko SRC yang kamu kelola. 


Penipuan di dunia digital memang semakin berbahaya. Mereka bahkan menargetkan calon korbannya dengan mencari tahu latar belakangnya terlebih dulu. Misalnya, ketika tahu kamu mengelola toko SRC, bisa jadi penipu akan berpura-pura sebagai pihak dari SRC untuk melakukan penipuan.


Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati. Jika menghadapi pihak tidak dikenal, kamu bisa menerapkan tips 3J agar terhindar dari penipuan. Apa saja tipsnya? Berikut penjelasannya.


JANGAN Mudah Percaya Jika Ada Pihak yang Mencurigakan

Agar kamu terhindar dari penipuan di dunia digital, jangan mudah percaya terhadap pihak lain, terutama yang belum dikenal dan mencurigakan. Bukan berartinya kamu harus selalu berprasangka buruk, tapi lebih baik kamu selalu berhati-hati.


Contoh hal yang mencurigakan misalnya, kamu tiba-tiba dihubungi oleh pihak tidak dikenal yang mengabarkan kamu mendapat hadiah. Kalau mengalaminya, kamu justru harus waspada. 


Memperoleh hadiah memang menyenangkan, tapi kalau kamu malah diminta membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya, pasti aneh bukan? Besar kemungkinan itu penipuan. Maka, jangan mudah percaya dan selalu hati-hati ya.


JANGAN Berikan Data Pribadi yang Bersifat Rahasia

Kamu juga jangan mudah memberikan data pribadi yang bersifat rahasia kepada pihak lain, terlebih yang tidak kamu kenal. Hal ini bisa berbahaya karena datamu bisa disalahgunakan.


Adapun contoh beberapa data pribadi yang perlu kamu jaga adalah Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, hingga data-data mengenai rekening di bank. Kamu juga tidak boleh memberikan data lain seperti Kode OTP, Kode Pojok Bayar, maupun PIN AYO TOKO. 


Selain itu, kamu juga wajib menjaga nomor PIN kartu debit atau kartu kredit yang kamu miliki. Jangan sampai pihak yang tidak dikenal tahu 


Jika penipu sampai memiliki data-data tersebut, banyak hal yang dapat mereka lakukan. Misalnya memasukkan namamu ke pinjaman ilegal dengan berbekal data KTP milikmu. Kamu bisa dirugikan.


Oleh karena itu, jangan pernah berikan data pribadimu ke siapa pun.


JANGAN Klik Link Apa pun Dari Pihak yang Tidak Dikenal

Tips 3J yang terakhir adalah jangan mudah klik link dari pihak yang tidak kamu kenal. Saat ini, modus penipuan di dunia digital semakin banyak. Salah satunya dengan mengirimkan link ke kamu entah melalui pesan elektronik, email, atau malah notifikasi di ponselmu. 


Kalau kamu menerima link dari pihak asing, jangan mudah tergoda untuk membuka ya. Bisa jadi itu modus penipuan phising. Ini adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. 


Jadi, kalau kamu klik link tersebut, penipu akan mengakses ponsel atau komputermu. Mereka juga bisa mendapat data-datamu yang dapat disalahgunakan untuk keperluan apa pun. 


Maka dari itu, kamu harus mampu menahan diri agar tidak mudah klik link dari pihak asing.


Terapkan trik 3J agar aman dari penipuan di dunia digital. Namun, kalau kamu masih ragu, lebih baik kamu menghubungi saluran resmi Misalnya jika ada penipu yang mengatakan toko SRC milikmu harus membayar sejumlah uang agar tetap bisa menggunakan berbagai aplikasi SRC, kamu wajib menghubungi kontak resmi SRC.


Adapun kontak resmi SRC terdiri dari 3 hal berikut:

No telepon: 08041000234.

No Whatsapp: 08111315234.

Email: csayosrc@src.id 


Selain itu, SRC memiliki beberapa media sosial resmi yang dapat kamu jadikan rujukan sebagai berikut:

Instagram : srcindonesia & ayokelontong

Facebook : SRC Indonesia

Youtube : SRC Indonesia.


Silakan hubungi saluran kontak resmi SRC tersebut jika belum yakin. Lalu, senantiasa waspada agar toko SRC milikmu tidak terkena penipuan. Selalu terapkan 3 J supaya aman dan terhindar dari penipuan.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us