cuci tangan menggunakan sabun menurut standar who
11 Jun 2021
3 Manfaat Cuci Tangan dengan Sabun yang Tak Boleh Disepelekan

Sejak munculnya pandemi COVID-19, masyarakat menjadi lebih peduli untuk cuci tangan yang benar sebelum melakukan berbagai aktivitas. WHO (World Health Organization) bahkan telah merilis tahapan cara cuci tangan yang benar menggunakan sabun agar terhindar dari bahaya kuman dan virus penyebab penyakit, terutama virus COVID-19 yang selama hampir dua tahun terakhir menyebar di berbagai negara. 


Sebelum adanya pandemi COVID-19, harus diakui jika aktivitas cuci tangan yang benar menggunakan sabun masih belum menjadi kebiasaan. Bahkan, studi American Society for Microbiology mencatat hanya sekitar 83% orang yang cuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet umum. Penelitian lainnya dari Departemen Kesehatan Florida mencatat hanya sekitar 4 dari 5 orang yang cuci tangan dengan benar dengan sabun setelah dari toilet. Hal ini menunjukkan jika mencuci tangan menggunakan sabun masih menjadi kebiasaan yang disepelekan. 


Namun semenjak munculnya pandemi COVID-19 membuat kesadaran mencuci tangan semakin tinggi. Ternyata selain bisa menjadi langkah preventif terhindar virus COVID-19, cara cuci tangan yang benar menggunakan sabun juga memiliki berbagai macam manfaat untuk mencegah penyakit lainnya seperti:   


Manfaat Cuci Tangan Cegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bukan hanya disebabkan oleh makanan tapi juga bisa dipicu oleh kondisi tangan yang kotor sebelum menyantapnya. Bakteri dan virus pada tangan akan secara langsung masuk dalam pencernaan bersama dengan makanan yang bisa menimbulkan gejala diare dan cacingan. Bahkan, penyakit cacingan pada kondisi yang lebih parah bisa membentuk parasit yang terus berkembang biak yang mempengaruhi sistem pencernaan dan nutrisi dalam tubuh. 

Kedua jenis gangguan pencernaan ini tercatat cukup sering terjadi, terutama pada anak-anak. Untuk itu, sangat penting untuk memberikan pengetahuan cuci tangan yang benar menggunakan sabun sejak dini. Melakukan cara cuci tangan yang benar menggunakan sabun menurut WHO pun mampu menurunkan risiko terkena diare dan penyakit pencernaan lainnya sampai 59%.  


Cuci Tangan yang Benar Turunkan Gangguan pernapasan

Selain gangguan pencernaan, cuci tangan yang benar menggunakan sabun juga bisa menurunkan risiko gangguan pernapasan. Bakteri dan virus yang masih tersisa di tangan yang masuk melalui sentuhan ke hidung bisa berpotensi menimbulkan gejala gangguan pernapasan ringan hingga berat seperti batuk, dahak, tenggorokan gatal, sesak nafas hingga gejala-gejala lain yang merujuk pada COVID-19. 


Manfaat cuci tangan yang benar menggunakan sabun akan membuat sistem pernapasan yang sehat, selain itu jangan lupa juga untuk selalu menggunakan masker saat sedang berpergian kemanapun. 


Cuci tangan yang benar sesuai anjuran WHO bisa bantu menjaga kesehatan mata

Bakteri dan virus pada tangan yang kotor juga bisa menimbulkan iritasi mata, infeksi mata hingga trakoma. Pada mulanya, mata akan terasa kurang nyaman atau gatal tak lama dari seseorang menggaruknya menggunakan tangan yang kotor. Beberapa gejala penglihatan seperti trikoma bahkan bisa berkembang menjadi ganas. Untuk itu sangat penting untuk memastikan tangan bersih sebelum menyentuh mata. 


Nah, itu dia manfaat cuci tangan yang benar menggunakan sabun dapat membuat kita terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang mungkin timbul. Dimulai dari hal-hal kecil, cara cuci tangan yang benar menurut standar WHO menggunakan sabun sangat diperlukan sebelum melakukan berbagai aktivitas seperti berbelanja di toko kelontong. 


Sebagai bukti kepedulian SRC untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 di area berbelanja, SRC memberikan edukasi arahan kepada para pemilik Toko Kelontong SRC untuk menyediakan arena cuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk toko. Selain itu, SRC juga menjual produk sabun pencuci tangan ES.ER.CE yang bisa ditemukan di Toko Kelontong SRC terdekat. 

Produk sabun pencuci tangan ES.ER.CE dijual dengan harga yang cukup bersahabat dengan kemasan yang ergonomis dan tersedia juga isi ulangnya. Selain itu, sabun pencuci tangan dari SRC telah teruji efektif membunuh kuman dan bakteri. Memiliki aroma Sakura Blossom, sabun pencuci tangan SRC ini memberikan efek wangi yang tahan lama. Selain sabun pencuci tangan, SRC juga memiliki produk berlabel ES.ER.CE lainnya seperti hand sanitizer, tisu wajah hingga air mineral.


Untuk mendapatkan produk-produk ES.ER.CE cukup mudah, Sahabat SRC bisa mengunjungi ke Toko Kelontong SRC terdekat untuk mendapatkan Sabun Pencuci Tangan ES.ER.CE. Jika bingung mencari lokasi SRC terdekat, Sahabat SRC bisa melihat Toko SRC terdekat lewat aplikasi AYO Kelontong melalui fitur "Terdekat", sahabat SRC bisa meghubungi langsung para pemilik Toko SRC untuk menanyakan ketersedian stok produk yang Sahabat SRC ingin cari. Yuk jaga selalu kebersihan dan selalu lindungi aktivitas kita untuk jaga lungkungan kita tetap sehat.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us