toko kelontong SRC
25 Sep 2020
Apa yang Membedakan Warung Kelontong dan Toko Kelontong SRC?

Orang Indonesia pasti sudah familiar dengan warung kelontong. Bagi yang belum tahu, warung kelontong adalah toko kecil yang menjual kebutuhan sehari-hari dan terletak di dekat perumahan atau lokasi umum lainnya agar supaya bisa lebih mudah diakses banyak orang. Karena keberadaannya yang mudah ditemukan, warung kelontong sering menjadi pilihan ketika harus membeli sesuatu dalam perjalanan. Kebanyakan warung kelontong di Indonesia masih bersifat tradisional dan konvensional. Berbeda dengan pasar swalayan atau minimarket, di sini pelanggan harus dilayani oleh pemilik warung ketika memilih dan membeli belanjaan. 


Sejak dulu masyarakat di seluruh Indonesia sudah sering mengandalkan kehadiran warung kelontong di dekat rumah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Baik untuk memenuhi kebutuhan dapur atau sekadar membeli jajanan saja, pasti warung kelontong jawabannya. Tidak jarang hubungan antara pemilik warung dan orang-orang di lingkungan sekitar menjadi begitu dekat dan membuat warung memiliki nilai emosional yang cukup besar bagi sebagian orang. Namun, seiring perkembangan zaman yang semakin modern, ada banyak hal yang akhirnya membuat warung kelontong terpaksa harus bersaing dengan lini bisnis lain yang lebih besar. Usaha pemilik warung tidak sedikit yang menjadi terhambat dan sulit untuk berkembang karena kekurangan kemampuan untuk berinovasi. Berdasarkan hal tersebut, SRC terdorong untuk mengubah warung kelontong menjadi Toko Kelontong Masa Kini


SRC melihat bahwa warung kelontong memiliki banyak peluang untuk terus maju dan akhirnya menjalankan beberapa upaya yang diyakini bisa membantu para pemilik warung. Atas dasar tersebut SRC menawarkan perubahan bagi para pemilik yang ingin bergabung melalui pendampingan usaha berkelanjutan, antara lain tips sukses toko kelontong.


Bagi pemilik warung yang ingin bergabung, mereka tidak perlu melakukan langkah-langkah yang sulit. Proses pendaftaran yang mudah bisa dilakukan melalui telepon atau chat. Ketika berhasil bergabung maka kemudian pemilik warung bisa mendapatkan berbagai pendampingan agar warung kelontongnya menjadi Toko Kelontong Masa Kini sesuai standar SRC dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara lebih modern.


Apa saja yang kemudian menjadi perbedaan antara warung kelontong biasanya dengan toko kelontong masa kini SRC?


Toko yang Rapi, Bersih, Terang 

Melalui berbagai bentuk pendampingan, warung kelontong didorong untuk berbenah. Mulai dari penampilan warung yang dibuat menjadi lebih menarik dan teratur dengan membersihkan area toko, kemudian ditambah lagi dengan bantuan dalam mengatur etalase agar tertata lebih rapi. Ketika penampilan dibuat menjadi sedemikian rupa, kesan warung yang sebelumnya harus dilayani pemilik dalam memilih barang, kini berubah menjadi seperti toko. Pelanggan bisa memilih belanjaan mereka sendiri dengan mudah. Area jualan dibersihkan supaya bisa menambah kenyamanan pelanggan untuk berbelanja. Selain itu, pencahayaan di dalam toko diatur menjadi lebih terang supaya bisa memberikan suasana yang terasa lebih nyaman bagi pelanggan toko. Identitas SRC juga diperlihatkan melalui warna merah dan putih agar membantu toko supaya makin mudah dikenali. Walau terkesan sederhana, namun faktor penampilan bisa berdampak besar bagi toko kelontong. Penampilan yang berubah menjadi lebih rapi, bersih, dan terang tidak hanya jadi lebih menarik bagi para pelanggan namun juga agar area toko bisa lebih nyaman bagi pemilik.


Memiliki Ekosistem Digital AYO SRC

Para pemilik toko yang sebelumnya tidak familiar menggunakan Ekosistem Digital AYO SRC, sekarang bisa terbantu dalam proses pengelolaan toko bersama SRC. Pekerjaan mengurus stok barang atau omzet toko yang sebelumnya dapat memakan waktu lama sekarang bisa jadi semakin efektif dan mudah dengan menggunakan aplikasi AYO SRC Indonesia. Pembelian stok barang kini jadi semakin singkat karena SRC langsung menghubungkan para pemilik toko dengan Mitra SRC guna mempercepat proses pembelian stok agar stok di toko selalu penuh dan bisa melayani pelanggan dengan baik. Aplikasi ini tentunya sekaligus mempermudah pengalaman berbelanja para pelanggan. Selain itu, Sahabat SRC juga lebih terbantu menemukan toko kelontong terdekat karena aplikasi ini bisa menunjukkan daftar lokasi Toko Kelontong SRC di lingkungan sekitar. Bagi Sahabat SRC yang mencari informasi terkait promosi yang sedang ada di toko kelontong juga bisa mengaksesnya secara digital lewat AYO SRC Indonesia. 


Sistem Mudah dan Dukungan untuk UMKM Sekitar 

SRC ikut membantu kegiatan UMKM sekitar lewat Pojok Lokal SRC dan juga menyediakan layanan pembayaran yang berbeda dari warung kelontong lain lewat Pojok Bayar. Toko kelontong yang pada umumnya hanya menjual barang-barang untuk keseharian kini juga bisa memenuhi kebutuhan pelanggan untuk membayar listrik atau membeli pulsa di Pojok Bayar. Dengan adanya hal tersebut, pelanggan bisa mendapatkan kemudahan karena semua kebutuhan bisa didapatkan di dekat rumah. Selain itu, SRC juga mendorong toko kelontong untuk memberi perhatian lebih terhadap kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar. Kehadiran Pojok Lokal yang menambah keunikan toko dibuat agar penggiat UMKM di lingkungan sekitar toko bisa melakukan distribusi produk dengan mudah. Program pendampingan SRC juga membantu pemilik toko agar bisa bersahabat dengan masyarakat sekitar. Langkah ini diambil karena SRC menyadari bahwa melalui keramahan pemilik, pengalaman berbelanja bisa jadi lebih nyaman dan membuat pelanggan ingin berbelanja lagi di Toko Kelontong SRC.


Tergabung dalam Paguyuban SRC

Satu lagi perbedaan Toko Kelontong SRC yang dirasakan para pemilik adalah terjalinnya hubungan antara para pemilik toko melalui Paguyuban SRC. Jika pada umumnya pemilik warung bisa sampai tidak saling kenal karena adanya persaingan, SRC justru mendorong para pemilik toko untuk bisa saling mendukung. Ikatan erat para pemilik toko ini juga bisa membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar lewat banyak kegiatan sosial yang mereka jalankan. Hal-hal seperti ini juga yang membuat SRC bisa menjadi semakin besar sampai sekarang.


Setelah 12 tahun mengembangkan toko kelontong di seluruh Indonesia, SRC sudah banyak mendapatkan respon positif dari para Toko Kelontong SRC. Perubahan dari warung biasa hingga menjadi Toko Kelontong Masa Kini sudah sangat terasa dampaknya. Pemilik toko bisa lebih semangat lagi mengembangkan usahanya setelah mendapat berbagai kemudahan dan pelanggan bisa semakin nyaman dan terus memilih Toko Kelontong SRC sebagai tujuan belanja dekat rumah. Selama bergabung dengan SRC, para pemilik toko juga akhirnya paham bahwa proses adaptasi sangat diperlukan agar toko semakin berkembang.


Melalui berbagai program di atas, para Mitra SRC akhirnya bisa menjalankan bisnis Toko Kelontong Masa Kini yang berbeda dari warung kelontong pada umumnya. Meski demikian, SRC tetap mempertahankan ciri khas warung sebagai tempat belanja masyarakat Indonesia. 


Daya saing tinggi serta keramahan yang ada pada Toko Kelontong SRC terbukti tidak hanya bisa bersaing dalam dunia bisnis namun juga memberi dampak positif bagi lingkungan sekitar. Selanjutnya, SRC ingin terus bisa menyediakan pendampingan dan inovasi yang lebih banyak lagi supaya mampu meningkatkan daya saing toko kelontong di Indonesia. Kiranya SRC bisa terus menjadi tempat belanja yang dekat, hemat, dan bersahabat.


Yuk Gabung SRC sekarang dan jadi bagian Toko Kelontong Masa Kini terbesar di Indonesia.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us