Cara mengembangkan usaha
28 Apr 2022
Cerita Sahabat
4 Cara Mengembangkan Usaha yang Baru Dirintis

Setiap usaha yang baru dirintis pastinya ingin terus berkembang. Cara mengembangkan usaha bisa dipelajari dan diaplikasikan sesuai dengan jenis usahanya. Jenis usaha ritel seperti toko kelontong memiliki cara pengembangan yang berbeda dengan usaha lain.


Toko kelontong merupakan jenis usaha yang dekat dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Berbagai macam produk bisa kamu jual di toko kelontong. Jadi, usaha toko kelontong punya kiat sendiri dalam pengembangannya.


Kamu bisa mengembangkan Toko Kelontong-mu dengan 4M:

1.Memberikan Kenyamanan Berbelanja

Kenyamanan pelanggan jadi faktor penting untuk membangun sebuah loyalitas. Berikan pelanggan kenyamanan lewat suasana toko yang menarik dan pelayanan yang ramah. Suasana toko yang rapi, bersih, dan terang akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman saat berbelanja. Sehingga tidak menutup kemungkinan pelanggan akan kembali dan menarik perhatian pelanggan baru.


2.Memberikan Promo Menarik

Yap! Hingga saat ini promo harga masih cukup menarik minat calon pembeli ataupun pelanggan buat mampir ke toko. Kamu bisa membuat sebuah strategi pemasaran produk seperti diskon atau potongan harga dan paket bundling produk. Dijamin dengan teknik marketing seperti ini, maka pembeli akan memberitahukan dari mulut ke mulut tentang kelebihan toko kamu. Otomatis akan membuat usaha yang baru dikenal ini lebih dikenal pasar.


3.Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Hemat, mudah, dan efisien. Begitulah hal yang diinginkan setiap pelanggan. Di sinilah kamu bisa ambil celah dengan memberikan kemudahan berbelanja. Kamu bisa menyediakan layanan jasa antar barang serta memberikan kemudahan transaksi online atau digital.


4.Menjual Produk yang Variatif

Sebagai pemilik usaha, tak ada salahnya untuk menyediakan produk digital untuk menyasar lebih banyak lagi pelanggan. Apalagi di era teknologi seperti sekarang, produk digital tak pernah sepi peminat, contohnya seperti token listrik, voucher pulsa, voucher games, pembelian tiket perjalanan serta BPJS. 


Dengan menjual produk digital yang bervariasi tentunya akan meningkatkan omzet penjualan, sehingga usaha yang baru dirintis bisa lebih berkembang. 


Nah, itu dia cara mengembangkan usaha dengan 4 M di atas bisa dengan mudah kamu aplikasikan jika bergabung kamu dalam sebuah ekosistem digital. SRC Indonesia memiliki sebuah Ekosistem Digital AYO SRC yang bisa kamu gunakan untuk terus mengembangkan usaha toko kelontong-mu.


Dengan bergabung bersama SRC, kamu akan diberikan pendampingan untuk mulai menerapkan Toko Kelontong SRC yang memiliki konsep rapi, bersih dan terang  (RBT). Setelah itu, penggunaan aplikasi AYO SRC Toko memungkinkan kamu untuk bisa memberikan promo menarik yang langsung bisa dilihat pelanggan setia SRC melalui aplikasi AYO Kelontong. 


Melalui aplikasi AYO SRC Toko, kamu juga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan menggunakan fitur pesan antar. Pelanggan bisa belanja ke Toko Kelontong SRC-mu dimana saja dan kapan saja.


Masuk ke dalam Ekosistem Digital AYO SRC juga memberikan kesempatan kamu untuk meningkatkan omzet dengan menjual berbagai macam produk digital melalui aplikasi Pojok Bayar SRC. Hal yang tidak kalah penting adalah segala transaksi akan langsung terintegrasi ke AYO SRC Kasir. Dengan aplikasi yang saling terintegrasi, kamu tidak perlu pusing lagi untuk melihat laporan stok barang dan keuntungan harian di Toko Kelontong SRC-mu.


Mau terus mengembangkan usaha yang baru kamu rintis? Yuk, Gabung SRC sekarang! Mengembangkan usaha jadi lebih mudah dan bersiap untuk jadi Toko Kelontong Masa Kini.


Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us