5 Cara Mengatur Keuangan Usaha
22 Apr 2022
Cerita Sahabat
5 Cara Mengatur Keuangan Usaha

Ketika membuka sebuah usaha, kamu wajib mengetahui cara mengatur keuangan usaha agar mudah mengetahui omzet penjualan. Selain itu, keuangan usaha yang baik akan mempermudah kamu dalam memutar kembali modal usaha untuk membeli stok barang dagangan yang kamu jual agar bisa terus mengembangkan usaha.


Sebelum memulai sebuah usaha, kamu harus mengetahui cara mengatur keuangan agar mudah dalam mengembangkannya.


Beberapa cara mengatur keuangan usaha di bawah ini bisa jadi solusi buat kamu yang ingin terus mengembangkan usaha, seperti:


Edukasi Diri tentang Laporan Keuangan

Langkah pertama untuk mengetahui cara mengatur keuangan usaha supaya jadi lebih baik adalah memberikan edukasi terhadap diri sendiri tentang apa itu laporan keuangan usaha. Beberapa jenis laporan keuangan dalam usaha yang bisa kamu pelajari seperti: laporan arus kas, laporan penghasilan, laporan neraca dan laporan modal usaha. Dengan mempelajari jenis laporan tersebut, kamu bisa lebih tahu akan pentingnya sebuah laporan keuangan dalam mengembangkan usaha yang sedang dijalankan.


Pisahkan Uang Pribadi dan Modal Usaha

Selanjutnya kamu bisa pisahkan uang pribadi dan modal usaha. Dengan memisahkan keduanya, kamu bisa menghindari penggunaan modal usaha untuk kepentingan pribadi atau hal di luar usaha.


Buat Perencanaan Modal

Buat perencanaan modal usaha agar bisa dikembangkan sesuai dengan target yang kamu tentukan. Kamu bisa buat perencanaan modal awal usaha dan gambaran strategi yang ingin dilakukan seperti promosi dan estimasi penambahan jumlah produk setiap bulannya.


Siapkan Dana Darurat

Dana darurat bisa disiapkan dari persentase modal awal yang kamu keluarkan untuk memulai sebuah usaha. Seperti contoh: dengan modal usaha sebesar lima juta rupiah, kamu bisa siapkan 10% atau lima ratus ribu rupiah sebagai dana darurat. Dana darurat penting ketika kamu memerlukan modal tambahan untuk membeli produk usahamu.


Gunakan Aplikasi Pembukuan Toko

Aplikasi pembukuan toko memudahkan kamu mencatat segala jenis transaksi dan stok secara langsung. Dengan menggunakan aplikasi pembukuan toko, kamu bisa meminimalisir kesalah input data dan lebih efisien dalam menjalankan usaha.


5 cara di atas bisa kamu gunakan dalam mengatur keuangan yang baik untuk usaha yang sedang kamu rintis. Agar lebih mempermudah dalam mengatur keuangan, gunakan aplikasi pembukuan toko yang bisa sekaligus terintegrasi dengan laporan stok barang dan laporan penjualan toko.


Kamu bisa gunakan aplikasi AYO SRC Kasir persembahan SRC Indonesia untuk membantu para Sahabat SRC dalam menjalankan usaha Toko Kelontong SRC. Aplikasi AYO SRC Kasir memudahkan kamu melihat laporan stok barang secara langsung. Kamu bisa update barang, update harga dan update transaksi penjualan hanya dalam satu aplikasi.


Gabung bersama SRC memberikan kamu kesempatan untuk masuk ke dalam Ekosistem Digital AYO SRC. kamu bisa mudah beli kebutuhan toko secara online ke Mitra SRC melalui AYO SRC Toko, mengatur keuangan usaha melalui aplikasi AYO SRC Kasir dan meningkatkan omzet penjualan dengan menjual produk digital di aplikasi Pojok Bayar SRC.


Yuk gabung SRC, sekarang! Nikmati keunggulan aplikasi AYO SRC Toko untuk mengatur keuangan usaha Toko Kelontong SRC-mu agar bisa terus berkembang dan menjadi Toko Kelontong Masa Kini!

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us