5 Tips Jitu Tingkatkan Omzet Penjualan Toko Kelontong
24 Nov 2021
Cerita Sahabat
5 Tips Jitu Tingkatkan Omzet Penjualan Toko Kelontong

Toko kelontong sangat akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Toko kelontong pasti ada di setiap lingkungan rumah baik di kota besar maupun di desa. Banyaknya toko kelontong membuat para pemilik toko kelontong bersaing mendapatkan pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang datang untuk berbelanja di toko kelontong, maka semakin besar kemungkinan meningkatkan omzet penjualan. Banyak faktor yang membuat pelanggan lebih memilih belanja di salah satu toko kelontong diantaranya harga yang cukup bersaing, toko yang bersih, atau pelayanan yang ramah.


Agar kamu bisa meningkatkan omzet penjualan, berikut lima tips jitu yang bisa kamu terapkan untuk menarik banyak pelanggan:


1.Lakukan riset harga dan kualitas barang dari kompetitor

Riset harga dan kualitas barang bertujuan untuk menentukan nilai jual produk yang kamu jual. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, kamu bisa memberikan harga jual dan kualitas yang baik ke pelanggan. Pada dasarnya, pelanggan tertarik dengan harga yang lebih terjangkau dan memiliki kualitas yang bagus.


2.Kelola tata ruang toko agar terlihat dinamis

Tata ruang toko sangat berpengaruh pada citra toko kelontong yang kamu jalankan. Pelanggan akan lebih tertarik jika toko kelontong kamu tertata dengan bersih dan modern. Bersama SRC, kamu akan diberikan pendampingan dalam menata ruang toko kelontong agar terlihat lebih modern. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam menata ruang Toko Kelontong SRC diantaranya:

  • Gunakan rak gondola agar produk terlihat lebih rapi dan pelanggan mudah saat memilih barang belanjaan.
  • Atur barang sesuai jenis produk agar pelanggan lebih leluasa memilih produk yang ingin dibeli dan juga pasang harga yang sudah ditentukan untuk setiap produknya
  • Gunakan lampu yang terang agar pelanggan nyaman saat belanja.
  • Sediakan tempat cuci tangan agar pelanggan menilai toko kelontong kamu sangat memperhatikan kebersihan. Menyediakan tempat cuci tangan juga menjadi nilai tambah di mata pelanggan karena toko kamu menerapkan protokol kesehatan sehingga citra toko bisa menjadi lebih baik dan bersih.


3.Jadi Toko Kelontong Masaa Kini

Daftar barang di toko kelontong harus terus diperbanyak. Pelanggan akan sangat senang jika barang yang dia cari ada. Biasanya ini bisa kamu lakukan dengan terus mendengar masukan dari para pelanggan agar toko kelontong menjual produk yang sering dicari. Jika barang yang dicari selalu ada, para pelanggan akan balik lagi dan jadi pelanggan setia. Kamu bisa lihat produk terlaris dan mengatur stok barang baru dengan aplikasi AYO SRC Kasir. Dengan menggunakan aplikasi AYO SRC Kasir, kamu bisa lebih efisien dalam menentukan produk mana yang harus dijual di Toko Kelontong SRC. menyediakan produk digital dan juga saling bekerja sama dengan UMKM sekitar dalam mempromosikan produknya dapat memperkuat posisi toko kamu menjadi Toko Kelontong Masa kini yang serba ada dan dapat diandalkan.


4.Lakukan promosi

Berikan promo seperti potongan harga atau hadiah langsung ke pelanggan. Kamu bisa berikan promo dengan syarat pembelian yang sudah ditentukan. Dengan begitu para pelanggan akan berlomba dalam mendapatkan promo potongan harga atau hadiah langsung yang diberikan. Contoh untuk promosi yang dapat dilakukan ialah promo bundling yang bisa kamu terapkan dengan menggabungkan beberapa produk ke dalam sebuah paket dengan harga spesial, dengan begitu pelanggan akan lebih tertarik.



5.Berikan pelayanan terbaik

Faktor yang tidak kalah penting untuk memikat pelanggan adalah pelayanan. Berikan pelayanan terbaik agar pelanggan balik lagi untuk belanja di toko kelontong. Pelayanan terbaik yang bisa kamu berikan seperti selalu tersenyum dan berkomunikasi dengan sopan. Salah satu ciri khas toko kelontong adalah terdapatnya nilai sosial di dalam sebuah lingkungan yang membedakan dengan para peritel lainnya. Jadi sikap yang bersahabat terus selalu dijaga ya Sahabat SRC agar semakin kenal dan mengerti kepada pelanggan toko kelontongmu.


Tips meningkatkan omzet tersebut bisa dengan mudah jika kamu Gabung SRC. Kamu akan diberikan pendampingan usaha secara berkelanjutan mulai dari tata ruang toko kelontong, manajemen toko, aktivitas pelanggan, serta literasi digital agar Toko Kelontong SRC bisa terus berkembang dan memanfaatkan berbagai peluang bisa meningkatkan penjualan.


Yuk Gabung SRC dan dapatkan pendampingan dalam meningkatkan omzet penjualan Toko Kelontong SRC, sekarang!

Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us