cara menata toko
15 May 2023
Cara Menata Toko Kelontong yang Menarik Buat Dilirik

Kenyamanan saat berbelanja menjadi faktor penting bagi seorang pelanggan untuk datang lagi ke toko kelontong. Penampilan toko yang rapi, bersih, dan terang tentunya akan membuat pelanggan datang lagi. Oleh sebab itu, penting bagi seorang pemilik toko tahu bagaimana cara menata toko kelontong yang rapi dan menarik buat dilirik calon pelanggan.


Berikut beberapa cara menata toko kelontong yang bisa kamu terapkan agar toko semakin ramai dan pelanggan merasa nyaman untuk datang lagi: 

1. Kelompokan barang sesuai kategorinya

Pastikan kamu sudah mengelompokkan barang sesuai dengan kategori dan jenisnya. Misalnya saja untuk produk sembako seperti beras, gula, tepung, minyak, dan mie instan diletakkan pada satu area dan dikelompokkan sesuai kategorinya. Begitu pun dengan dengan perlengkapan rumah tangga seperti deterjen, sabun, shampoo dan lainnya. Hal ini tentunya akan memudahkan pelanggan dalam mencari kebutuhannya di toko kelontong. 


2. Susun barang dengan rapi

Setelah mengelompokkan sesuai kategori, kini saatnya kamu menata barang-barang dengan rapi menggunakan teknik vertikal atau menyusun barang dDari atas hingga ke bawah. Untuk produk dengan jenis yang sama namun berbeda merk, cobalah untuk meletakkannya vertikal agar terlihat lebih rapi dan menarik. Susun juga barang berdasarkan dengan ukuran dan beratnya. Untuk barang kecil bisa diletakkan di rak bagian atas, medium di rak bagian tengah dan barang dengan ukuran besar dan berat di bagian paling bawah.   


4. Letakkan barang best seller di dekat kasir

Promosi jadi salah satu faktor yang cukup penting dalam menata toko. Kamu bisa meletakkan barang-barang best seller atau yang sedang diskon dekat dengan kasir. Cara menata seperti ini akan mempengaruhi psikologis dari pembeli untuk melirik barang dan akhirnya tertarik untuk membelinya. Pastikan barang-barang tidak memiliki volume yang besar, ya!


5. Manfaatkan dinding

Kamu bisa memaksimalkan dinding dengan meletakkan barang-barang rencengan seperti snack, minuman kemasan dan lainnya. Ini akan membuat toko lebih rapi ketimbang meletakkan barang rencengan menggantung yang justru akan menutupi barang lain di toko. 


6. Buat lorong yang nyaman 

Jika area tokomu cukup luas, pastikan juga lorong antar rak memberikan ruang yang nyaman bagi pelanggan berjalan. Kendati kamu ingin meletakkan barang-barang best seller untuk bisa dijangkau pelanggan, namun usahakan untuk tidak meletakkannya di lantai dan mengganggu kenyamanan pelanggan dalam memilih barang-barang yang ada di rak toko. 


7. Letakkan spanduk dan brosur yang rapi

Agar toko kelontong semakin menarik, kamu bisa meletakkan spanduk di bagian luara atau sebelum masuk toko. Jika kamu meletakkan banyak spanduk di dekat kasir atau rak barang hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan pelanggan dan justru bisa membuat sejumlah barang tidak terlihat. Untuk brosur yang berukuran lebih kecil kamu bisa letakkan di kasir, ya!


 8. Pastikan dinding dan pencahayaan terang

Toko SRC memiliki ciri khas, bersih, rapi, dan terang. Pilihlah warna dinding yang terang sehingga memberikan kesan yang bersih dan rapi. Penting juga untuk kamu memberikan pencahayaan yang terang yang menjangkau semua sisi toko kelontong sehingga pelanggan menjadi lebih nyaman lagi dalam berbelanja. 


Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu terapkan buat menata toko kelontong agar menarik dan dilirik oleh pelanggan. Buat kamu yang ingin tahu tips pengembangan toko lainnya silakan klik link ini. Buat kamu pemilik toko kelontong, yuk download aplikasi AYO Toko sebagai solusi buat memenuhi kebutuhan tokomu!

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us