Ketahui 7 Faktor Keberhasilan Usaha Toko Kelontong Berikut Ini
31 Oct 2022
Cerita Sahabat
Ketahui 7 Faktor Keberhasilan Usaha Toko Kelontong Berikut Ini

Toko kelontong sebenarnya merupakan peluang usaha yang potensial. Jika digarap dengan baik, kesempatan untuk meraih untung sangat besar. Tertarik untuk membukanya? Ketahui dulu faktor keberhasilan usaha toko kelontong supaya bisa sukses.


Setidaknya ada tujuh faktor keberhasilan usaha toko kelontong. Sebelum membuka tokonya, hal-hal ini perlu kamu cermati:


Lokasi yang Strategis

Ketika mau membuka toko, pilih lokasi dengan baik. Carilah yang strategis, misalnya berada tepat di pusat keramaian atau dekat dengan pemukiman penduduk. Tempat yang bagus akan memudahkan kamu mencari pelanggan untuk tokomu.


Punya Produk yang Tepat

Pemilihan produk yang tepat akan menjadi faktor penentu keberhasilan usaha toko kelontong. Pastikan produk yang dijual cocok untuk toko kelontong. Contohnya, kamu bisa menjual sembako atau aneka produk yang diperlukan sehari-hari oleh banyak orang. Lalu, lihat juga daya beli pelanggan. Sesuaikan produk yang dijual dalam rentang harga yang mampu dijangkau oleh mereka.


Memiliki Supplier yang Bagus

Supplier juga sangat menentukan kesuksesan toko. Kalau punya pemasok yang bagus, produk yang dijual akan berkualitas dan memiliki harga kompetitif. Maka dari itu, segera cari supplier yang bermutu seperti Mitra SRC terdekat. Di sana kamu bisa mendapatkan produk-produk terbaik untuk toko kelontong dengan harga yang bersaing.


Toko Tertata Dengan Baik

Kamu harus mau menata toko agar jualan laris. Toko dengan penataan yang baik akan menarik pelanggan untuk berbelanja. Susun barang dengan rapi sesuai kategori supaya mudah ditemukan. Pastikan pula kondisi toko selalu rapi, bersih, bersih, rapi, dan terang agar pelanggan merasa nyaman di tokomu.


Mampu Memberikan Pelayanan Memuaskan

Pelayanan yang memuaskan merupakan faktor keberhasilan usaha toko kelontong yang krusial. Kamu harus memberi servis yang maksimal kepada pelanggan. Layani pembeli dengan senyum dan hati yang senang. Lalu, berikan informasi lengkap ketika pelanggan bertanya tentang produk. Jika merasa puas, pelanggan pasti akan sering berbelanja ke tokomu.


Pembukuan Rapi dan Cermat

Jika ingin sukses, pembukuan toko wajib dijalankan dengan baik. Kamu harus mencatat berbagai hal di toko dengan rapi dan akurat. Contohnya seperti stok barang, barang yang terjual, pemasukan, maupun pengeluaran. Pencatatan akan membuat administrasi toko berjalan optimal. Operasional toko pun akan lancar.


Mau Mempromosikan Toko

Kamu harus mau mempromosikan toko supaya dikenal pelanggan. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara. Contoh sederhana dengan memasang spanduk di depan toko agar pelanggan mudah menemukan tokomu. Kamu juga bisa membuat program diskon supaya pelanggan tertarik berbelanja. Cobalah kreatif untuk berpromosi dengan aneka cara yang lain.


Tujuh faktor keberhasilan usaha toko kelontong ini wajib kamu terapkan. Maka dari itu, jangan ragu untuk membuka toko kelontong karena kamu telah tahu kunci suksesnya. Lagi pula usaha ini punya prospek yang cerah. 


Namun, biar tokomu semakin laris, kamu bisa bergabung bersama SRC. SRC merupakan komunitas toko kelontong masa kini terbesar. Jumlah anggotanya di seluruh Indonesia lebih dari 160.000. Mereka tergabung dalam lebih dari 6.000 Paguyuban SRC. 


Jika bergabung dengan SRC, kamu akan mendapatkan program pendampingan usaha berkelanjutan. Di dalamnya mencakup penataan toko, manajemen toko lewat aplikasi digital, aktivasi pelanggan, hingga pengembangan usaha. Semua itu akan membuat tokomu cepat berkembang. Ayo gabung SRC sekarang!

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us