Aneka Pinjaman Modal Usaha Toko Kelontong
15 Nov 2022
Cerita Sahabat
Ingin Mengembangkan Toko Kelontong? Cari tahu Aneka Pinjaman Modal Usaha

Setiap jenis usaha pasti membutuhkan modal. Begitu pula dengan toko kelontong. Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai jenis pinjaman modal usaha yang bisa dipakai untuk mengembangkan tokomu.


Saat ini tersedia banyak pilihan pinjaman modal usaha. Kamu tinggal memilih yang cocok. Inilah beberapa pilihannya.


Meminjam ke Bank

Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, banyak yang mengajukan pinjaman ke bank. Biasanya kamu akan mendapat kredit multiguna (KMG). Lalu, kamu akan diminta untuk memberikan agunan kepada bank berupa bukti kepemilikan suatu aset seperti surat tanah atau BPKB. 


Namun, kamu juga bisa dimintai dokumen keuangan toko kelontongmu. Bank melakukannya karena ingin tahu kondisi toko yang kamu kelola. Mereka mau memastikan bahwa kamu mampu mengembalikan pinjaman modal usaha yang diberikan.


Dalam hal ini, bank sering memilih meminjamkan ke usaha yang sudah berjalan selama beberapa waktu. Usaha baru pasti akan lebih sulit mendapatkan kredit.


Nilai pinjaman usaha ke bank bisa cukup besar, dapat dimulai dari puluhan sampai ratusan juta. Hal tersebut tergantung dari nilai aset yang dijaminkan atau skala usaha yang mengajukan pinjaman.


Selain kredit multiguna (KMG), bank mungkin akan menawari kredit tanpa agunan (KTA). Persyaratannya memang lebih mudah dan pencairan dananya bisa cepat. Namun, bunga yang diberikan akan lebih tinggi.


Pinjaman Modal Usaha Koperasi

Kamu dapat meminjam dana dari koperasi sebagai modal usaha toko kelontong. Namun, kamu harus menjadi anggota koperasi terlebih dulu sebelum diperbolehkan melakukan peminjaman. 


Biasanya syarat yang diberikan tidak sulit seperti KTP, mengisi formulir, serta membayar simpanan pokok maupun simpanan wajib. Selain itu, bisa ada persyaratan dan ketentuan khusus yang wajib dipenuhi sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga koperasi tersebut.


Kamu bisa memilih salah satu Koperasi Simpan Pinjam yang akan kamu ikuti. Selain mendapat modal usaha, kamu bisa memperoleh Sisa Hasil Usaha dengan menjadi anggota koperasi tersebut.


Nilai pinjaman di koperasi berbeda-beda sesuai dengan besar kecil koperasinya. Namun, biasanya kamu bisa memperoleh pinjaman mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.


Memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pemerintah meluncurkan KUR guna mempermudah pembiayaan modal kerja dan investasi untuk UMKM. Nanti dananya disalurkan dari lembaga keuangan seperti bank ke pihak yang membutuhkan dengan pola pendampingan.


Kamu dapat memanfaatkan pinjaman modal usaha KUR untuk mengembangkan toko kelontong milikmu. Bunga KUR dikenal rendah karena mendapat subsidi dari pemerintah.


Kalau sudah menjadi anggota SRC, kamu dapat mengajukan KUR ke Bank Nobu. Saat ini sudah ada kerjasama antara SRC dan Bank Nobu untuk penyaluran KUR Digital. Bunga pinjaman yang diberikan juga sangat kompetitif, yakni hanya 3%. Kesempatan ini berlaku hingga 31 Desember 2022.


Kamu dapat melakukan pengajuan KUR Bank Nobu melalui aplikasi AYO Toko. Jika persyaratannya sudah dipenuhi, kamu akan segera mendapat pinjaman modal usaha untuk tokomu.


Nilai pinjaman KUR cukup besar, mulai dari jutaan sampai puluhan juta. Kamu dapat menggunakannya untuk mengembangkan tokomu.


Menggadaikan Aset yang Dimiliki

Jika memiliki aset berharga, kamu dapat menggadaikannya ke pegadaian untuk mendapatkan dana segar. Nanti dananya bisa kamu gunakan sebagai modal usaha. Adapun contoh aset yang bisa kamu gadaikan adalah emas batangan, perhiasan, surat tanah, serta BPKB.


Pegadaian biasanya akan memotong biaya administrasi sebesar 1% dari total pinjaman dengan proses kredit kurang lebih 3 hari. Bunganya akan berada di angka 1% sampai 1,15% per bulan.


Kamu bisa mencicil untuk menebus aset yang kamu gadaikan atau membayarnya secara penuh pada masa jatuh tempo. Pilih saja mana yang paling cocok untukmu.


Menggunakan Pojok Modal SRC

Anggota SRC seperti kamu memperoleh kemudahan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha melalui Pojok Modal SRC. Ini adalah fitur untuk mempermudah toko kelontong SRC memperoleh modal guna mengembangkan usaha.


Pojok Modal ada di aplikasi AYO Toko. Kamu tinggal mengaktifkannya untuk mendapatkan modal usaha yang dibutuhkan. Banyak keuntungan yang bisa didapat jika memanfaatkan Pojok Modal. Proses pengajuan cepat dan tanpa jaminan. Selain itu, biaya layanan pun terjangkau. Setelah cair, kamu dapat melunasi pinjamannya dalam masa maksimal tujuh hari.


Pojok Modal bisa kamu gunakan berbelanja barang kebutuhan toko. Nilai pinjamannya mulai dari ratusan sampai jutaan rupiah.


Beberapa jenis pinjaman modal usaha tersebut dapat kamu pilih. Namun, Pojok Modal adalah pilihan yang paling direkomendasikan. Prosesnya praktis, persyaratan mudah, dan cepat cair. Kamu bisa cepat menggunakan dananya untuk modal usahamu.


Oleh karena itu, kamu harus bergabung ke SRC. Selain akses ke pinjaman modal usaha semakin mudah, kamu akan otomatis masuk ke ekosistem digital SRC. Bukan hanya itu, kamu akan mendapat pendampingan berkelanjutan Hal itu pasti akan mendukung perkembangan toko kelontongmu.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us