digitalisasi toko kelontong
4 Jun 2023
Upaya Digitalisasi Toko Kelontong buat UMKM Naik Kelas


Perkembangan zaman yang sudah serba digital mendorong para pelaku UMKM untuk bisa melakukan banyak perubahan. SRC sebagai salah satu komunitas Toko Kelontong terbesar di Indonesia pun berupaya memberikan ruang untuk para pelaku UMKM bisa naik kelas dengan memanfaatkan ekosistem digital AYO by SRC. Sejalan dengan Program  Pemerintah Indonesia, SRC berkomitmen untuk terus melakukan digitalisasi dan literasi finansial hingga memberikan kemudahan distribusi dan rantai pasokan nya bersama mitra. Sebab, seperti diketahui UMKM memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan perekonomian nasional.


Sudah ada lebih Dari 225.000 Toko kelontong yang tergabung bersama SRC yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia. Di tahun 2023 ini, SRC melakukan berbagai upaya untuk mendukung UMKM agar naik kelas seperti:

1. Digitalisasi UMKM, melalui ekosistem digital SRC yang ada mulai dari hadirnya aplikasi AYO Toko untuk pemilik Toko SRC mengembangan usahanya, aplikasi My AYO by SRC untuk pelanggan setia, serta aplikasi Mitra SRC untuk pemilik Toko grosir.  Selain itu, SRC juga melakukan kerjasama dengan GrabExpress untuk mendukung layanan online Pesan Antar. 

2. Literasi Keuangan, SRC mengembangkan kerjasama dengan menyediakan layanan pembayaran non tunai di toko-toko SRC. Selain itu, sejumlah Toko SRC juga menyediakan layanan KUR(Kredit Usaha Rakyat), di mana toko bisa menjebatani untuk memberikan pinjaman bagi masyarakat sekitar, sekaligus bisa membawa dampak perekonomian secara mikro. 

3. Akses Produk Berkualitas untuk Masyarakat, melalui penyelarasan dengan program pemerintah sehingga dapat memberikan dampak yang nyata untuk perekonomian nasional. Pojok Lokal merupakan salah satu upaya SRC yang selaras dengan Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dari Pemerintah. Kehadiran Pojok pun Lokal mampu memberikan dampak toko kelontong bagi UMKM sekitarnya, di mana para pemilik UMKM kecil dapat menjajakan produknya di Toko SRC sehingga dapat berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian secara mikro. 


Aplikasi AYO by SRC yang saat ini berperan dalam upaya digitalisasi UMKM naik kelas seperti: 

  • AYO Toko

Berbagai kebutuhan pemilik toko kelontong ada di AYO Toko. Aplikasi ini mampu memberikan kemudahan untuk Toko SRC dapat mengembangkan usahanya, mulai dari layanan Pojok Bayar untuk kemudahan berbelanja di Mitra SRC, promosi produk hingga adanya fitur Misi yang memberikan kesempatan bagi pemilik Toko SRC bisa mendapatkan keuntungan lebih hingga kesempatan berkembang lewat tambahan modal di Pojok Modal.

  • My AYO by SRC

Jika AYO Toko untuk pemilik Toko SRC, maka My AYO by SRC merupakan aplikasi yang dibuat untuk konsumen agar bisa merasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan di Toko SRC. Konsumen bisa memanfaatkan berbagai fitur menarik seperti Pesan Antar untuk menikmati layanan pengantaran dari Toko SRC, Terdekat untuk mengetahui lokasi Toko SRC terdekat, Keping untuk keuntungan dari berbelanja di My AYO by SRC serta Katalog, Hiburan dan Peluang untuk kesempatan mendapatkan tambahan penghasilan. Yuk, download My AYO by SRC sekarang!

  • AYO Mitra

Yang terakhir,aplikasi AYO Mitra yang memberikan kemudahan untuk Mitra SRC atau pedagang grosir dalam memasok produk ke Toko SRC atau ritel lainnya. Lewat aplikasi ini, Mitra SRC dapat mengelola usaha grosirnya menjadi lebih efisien secara digital mulai dari manajemen stok, belanja, hingga membuat promo digital. AYO Mitra saat ini bisa digunakan di desktop maupun mobile. Yuk, kembangkan usaha kamu dengan AYO Mitra sekarang! 


Nah itu dia ketiga produk digital SRC yang ada dalam ekosistem digital SRC dalam upaya membuat SRC naik kelas #JadiLebihBaik. Jangan lewatkan kabar lainnya seputar SRC di sini.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us