umkm naik kelas
17 Apr 2023
SRC Dorong UMKM untuk Naik Kelas #JadiLebihBaik

Sudah hampir 15 tahun SRC hadir membawa perubahan bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Seiring dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi pula, SRC berusaha untuk terus dapat membuat para pelaku UMKM terutama pemilik toko kelontong untuk bisa naik kelas #JadiLebihBaik. Membawa perubahan bukan hanya untuk sang pemilik toko, tapi juga dampak untuk mendorong perekonomian mikro sekitar. 


Pasca pandemi COVID-19, tak dipungkiri jika jumlah UMKM di Indonesia mengalami penurunan sekitar 8.4% atau sekitar 59,2 juta* dari sebelumnya yang berjumlah sekitar 64.2 juta**. Penurunan jumlah pelaku UMKM ini tentunya membawa dampak bagi berkurangnya perekonomian nasional (PDB). Sebelumnya, sektor UMKM tercatat mampu berkontribusi 61.1% dari total PDB di 2018, sementara sektor pengusaha besar hanya mencatat setidaknya 38.9% atau sekitar 5.550 (0.01%) dari total pelaku usaha**. 


Dengan jumlah tersebut, maka sektor UMKM jelas membawa peranan yang cukup besar dalam kemajuan perekonomian Indonesia, terutama pasca pandemi COVID-19. Kominfo melalui rilisnya bahkan telah menyatakan sudah ada sekitar 8 juta UMKM yang memutuskan GO Online** demi beradaptasi dengan perubahan zaman di era endemik seperti sekarang ini. SRC pun mengambil peranan yang cukup penting dengan menggerakkan lebih dari 225 ribu Toko Kelontong Masa Kini yang tersebar di 37 provinsi untuk sama-sama menggunakan ekosistem digital SRC. 


SRC percaya, jika perubahan datang dari kemauan yang untuk maju yang besar pula. Setiap masalah pasti memiliki solusi. Bersama SRC, pemilik toko bisa memajukan kualitas hidup #JadiLebihBaik. From zero to hero begitulah pesan yang ingin dibawa SRC untuk para pemilik Toko Kelontong beserta mitra SRC untuk sama-sama bisa menginspirasi langkah #JadiLebihBaik. 


SRC senantiasa merangkul para pemilik toko kelontong lewat beragam pelatihan untuk membuat usaha semakin maju dan berkembang. Selain itu, sudah ada sekitar 6900 paguyuban SRC yang tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia, sebagai wadah bagi para pemilik toko kelontong berbagi serta menginspirasi satu sama lain. 


Demi mendukung langkah menginspirasi #JadiLebihBaik, SRC pun menciptakan ekosistem digital yang dapat dimanfaatkan baik itu oleh pemilik toko kelontong, mitra SRC maupun pelanggan setia SRC. SRC memiliki visi untuk bisa menjadi solusi untuk semua. 


Yuk, gabung SRC sekarang dan mari bersama membangun perekonomian mikro lewat usaha Toko Kelontong SRC! Download aplikasi AYO Toko dan temukan beragam kemudahan menjadi bagian dari Toko Kelontong Masa Kini. 


Sumber: 

*https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media 

**https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html 



Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us