pembukuan toko
4 Jan 2021
5 Tips Mengembangkan Peluang Usaha untuk Pemula

Tidak dapat dipungkiri, memulai usaha butuh perjuangan dan tekad yang kuat agar usaha yang dimulai dengan modal kecil tersebut dapat berkembang dan berjalan dengan lancar. Bagi Sahabat SRC yang sedang ingin memulai bisnis sebagai pemula, tentu banyak tantangan dalam memulainya. Oleh karena itu, diperlukan kemahiran dan kesabaran agar Sahabat SRC bisa meraih tangga kesuksesan yang diinginkan.

Berikut ini tips memulai usaha, sebagai langkah awal mengembangkan peluang usaha untuk pemula yang layak Sahabat SRC coba:

1. Memulainya dengan Minat dan Ambisi

Memulai sebuah usaha, apalagi untuk pemula, ada baiknya berasal dari sesuatu yang Sahabat SRC inginkan atau minati ditambah dengan ambisi yang menjadi stimulus dalam memulai usaha. Minat adalah sesuatu yang membuat Sahabat SRC tertarik dan dengan senang hati ingin melakukan hal tersebut, sementara ambisi adalah keinginan atau hasrat untuk memperoleh/ mencapai sesuatu. Dengan minat dan ambisi akan membuat Sahabat SRC tertantang untuk terus berinovasi sembari terus belajar mengembangkan peluang usaha tersebut, sebab usaha itu lahir dari keinginan hati yang dalam.

2. Kuasai dan Dalami Usaha Tersebut Sebaik Mungkin

Setelah memahami usaha berdasarkan minat yang sahabat SRC miliki, kini Sahabat SRC butuh pemahaman dan pengetahuan yang dalam mengenai seluk beluk usaha tersebut. Mendalami disini seperti mencari tahu dan memahami lebih dalam lagi tentang usaha itu dan cara mengembangkannya, misalnya seperti menghitung kebutuhan modal, meriset kebutuhan konsumen dan bagaimana pasar merespon kebutuhan tersebut dll. Selain itu penguasaan yang dalam mengenai bidang usaha; seperti usaha modal kecil, juga penting untuk berimprovisasi terhadap peluang usaha yang terbuka.

3. Disiplin dan Fokus

Mengembangkan peluang usaha tentu tidak bisa setengah-setengah, perlu tanggung jawab dan kerja cerdas, karena itu, Sahabat SRC juga butuh kedisiplinan dan fokus dalam mengembangkan usaha yang dirintis. Disiplin dan fokus akan menciptakan rasa semangat dan tanggung jawab yang tinggi atas apa yang dikerjakan. Selain itu, ini juga akan memberikan dampak pada produktivitas kerja sehingga Sahabat SRC mampu memahami bidang usaha tersebut secara lebih mendalam dan usaha terus berkembang.

4. Memiliki Konsep Tepat 

Minat yang kuat, menguasai usaha yang dibuat, sikap disiplin dan fokus dalam mengembangkannya tentu akan sempurna ketika dipadukan dengan konsep usaha yang tepat. Konsep ini ibarat rel kereta yang akan terus mengarahkan Sahabat SRC melangkah di jalur yang tepat. Dalam hal ini Sahabat SRC sudah mulai menentukan strategi pemasaran dan juga mitra untuk mengembangkan usaha. Konsep ini termasuk didalamnya penentuan unique selling proposition (USP) atau sesuatu yang membuat Sahabat SRC yakin bahwa usaha yang dimiliki punya nilai jual lebih baik atau minimal punya pembeda dari usaha sejenis lainnya atau biasa disebut kompetitor.

Fungsi dari konsep usaha ini juga sebagai pedoman dalam menyusun rencana kerja untuk mencapai target dan tujuan usaha. Untuk Sahabat SRC yang memulai usaha dengan modal kecil tentunya membutuhkan investor atau pinjaman bank, maka konsep usaha ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk menarik investor atau pihak peminjam seperti bank dan lainnya.

5. Membangun Relasi atau Jejaring Usaha

Mengembangkan usaha untuk pemula tidak hanya tentang seberapa kuat modal yang Sahabat SRC miliki. Sahabat SRC juga butuh relasi atau jejaring luas guna membuat usaha semakin dikenal oleh banyak orang, sehingga pelanggan semakin banyak berdatangan dan penjualan meningkat. Untuk lebih mudahnya lagi, Sahabat SRC bisa bergabung dengan komunitas yang ada di tengah masyarakat. Dengan komunikasi yang baik bersama komunitas yang tepat, tentu bisnis produk dan jasa yang Sahabat SRC miliki bisa semakin dikenal oleh khalayak. Bergabung dengan komunitas untuk memperluas relasi tidak hanya meningkatkan penjualan semata, namun juga mampu membuka peluang untuk mengembangkan usaha untuk pemula seperti yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Misalnya Sahabat SRC bergabung dengan komunitas Toko SRC, di sini Sahabat SRC tidak hanya mendapatkan relasi, namun juga akan mendapatkan pendampingan usaha berkelanjutan mulai dari penataan toko, etalase, dan penerapan ekosistem digital untuk pengelolaan toko kelontong. Selain itu, Sahabat SRC juga akan mendapatkan ragam program kemitraan lainnya sehingga toko menjadi Toko Kelontong Masa Kini yang siap dengan beragam perkembangan zaman dan memiliki daya saing yang tinggi.

Itulah 5 tips dalam memulai langkah awal usaha untuk pemula. Jika ingin memahami lebih banyak lagi tentang SRC dan tertarik untuk bergabung, silahkan klik berikut ini: Gabung SRC.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us