tips menata warung sembako SRC
22 Sep 2023
6 Tips Menata Warung Sembako Kecil Agar Nyaman Bagi Pelanggan

Para pemilik warung pasti sering membaca tips tentang menata warung sembako. Namun apa jadinya jika warung sembako yang harus ditata memiliki ukuran yang kecil? Menata warung sembako yang minimalis memiliki tantangan tersendiri bagi pemilik warung. Para pemilik warung harus pandai-pandai menata barang jualan agar warung tetap terlihat rapi, luas, dan menarik pelanggan.


Tak jarang, pemilik warung merasa dilema ketika menentukan tata letak barang jualannya. Mereka harus mengutamakan kelengkapan barang jualan yang dipajang, serta mengedepankan kenyamanan dan nilai keindahan di ruang yang terbatas.


Tata letak warung tentunya mempengaruhi kesan pelanggan dan dapat menjadi hal yang menarik pelanggan untuk mampir berbelanja. Jika kamu adalah pemilik warung sembako dan sedang mencari tips menata warung sembako  berukuran kecil, yuk, simak tips berikut ini!


1. Manfaatkan Dinding Warung untuk Menggantung Barang atau Memasang Rak

Ruang kosong pada dinding dapat dimanfaatkan untuk menggantung barang jualan dengan bobot ringan dan kecil, seperti: minuman, biskuit, hingga produk kebersihan renceng. Selain itu di dinding warung dapat dibuat  rak gantung untuk meletakkan barang yang bobotnya ringan namun besar, seperti: tissue gulung atau lembaran. Hindari menggantung barang jualan dengan bobot yang berat agar tidak merusak lapisan dinding.


2. Cat Dinding Warung dengan Warna Cerah

Untuk menata warung sembako yang kecil, pemilik warung harus  menggunakan cat dinding yang tepat.Hindari cat berwarna gelap karena akan memberikan kesan ruangan yang sempit. Sebaliknya, pilihlah warna cat yang cerah agar ruangan terkesan luas. Penambahan cermin pada sisi dinding juga dapat membantu agar ruangan terkesan semakin luas.


3. Kelompokkan Barang Sesuai Jenis & Kategori 

Kelompokkan barang jualan sesuai jenis & kategori agar memudahkan pencarian. Kamu bisa meniru toko modern yang menyusun barang jualan berdasarkan jenis & kategorinya. Penataan barang jualan yang tepat akan membuat pelanggan semakin nyaman berbelanja di warungmu. Misalnya, penataan detergen diletakkan dalam rak yang sama atau disusun berdekatan dengan produk kebersihan rumah lainnya, seperti sabun cuci piring, cairan pembersih lantai, dan karbol. Pengelompokan ini akan memudahkan penjual dan pembeli mencari dan menemukan suatu produk. 


4. Tata Barang dengan Rapi di Rak 

Penataan barang dengan rak akan menghilangkan kesan berantakan pada warung sembako yang kecil, sehingga warung lebih nyaman dipandang. Selain itu, rak juga membuat barang jualan yang dipajang terlihat jelas, sehingga memudahkan penjual dan pembeli untuk menemukan produk.


5. Sisakan Ruang Berbentuk Lorong untuk Ruang Gerak Pelanggan 

Sisakan sedikit ruang untuk membentuk lorong yang cukup luas. Hal ini bertujuan untuk menyediakan area bagi pelanggan agar dapat bergerak leluasa ketika bertransaksi dan keluar-masuk warung.

Dengan adanya lorong tersebut, warung tidak akan terasa sesak meskipun pelanggan sedang ramai. Pelanggan juga akan semakin betah dan nyaman ketika bertransaksi di warungmu.


6. Siapkan Ruang Khusus Gudang di Area Terpisah

Tips menata warung sembako kecil yang terakhir adalah dengan menyiapkan ruang khusus gudang di area terpisah. Gudang penyimpanan stok barang merupakan aspek penting yang harus dimiliki apabila ruang warung sembako berukuran kecil. Tempat memajang produk dengan tempat penyimpanan stok barang sebaiknya dipisah agar area berjualan di warung tidak terasa sesak dan sempit.


Buat kamu yang ingin berkembang bersama SRC, yuk gabung sekarang dengan klik link ini! Dapatkan berbagai manfaat dengan menjadi Toko SRC. Nikmati pengalaman di ekosistem digital SRC yang memberikan kemudahan dalam mengembangkan usaha.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us