Barang-Barang yang Harus Ada di List Belanja Bulanan Versi SRC
17 Jan 2024
Barang-Barang yang Harus Ada di List Belanja Bulanan Versi SRC

Mengelola keuangan pribadi dengan bijak merupakan langkah penting dalam menjaga stabilitas finansial. Salah satu metode yang sangat efektif dan cerdas untuk mengelola pengeluaran dan menghindari boros pengeluaran adalah membuat list belanja bulanan. Dengan list yang terorganisir dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa Anda hanya membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan. Yuk simak barang-barang yang harus ada di list ketika belanja bulanan di toko SRC favorit Anda!


1. Telur dan Olahan Susu

Apabila tahu bagaimana cara menyimpan makanan yang benar, telur maupun olahan susu adalah makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama dan bisa bertahan selama satu bulan.


Jangan cuci telur ketika akan menyimpannya sebab akan membuka pori-pori dari cangkang telur dan membuatnya cepat busuk. 


Untuk produk olahan susu, seperti keju, mentega, butter dan susu bisa disimpan dalam wadah steril dan bersih. Sebaiknya produk olahan susu tidak sering di keluar dan masukan dari kulkas. Oleh sebab itu, buatlah potongan yang pas untuk keju maupun butter. Dengan begitu, maka olahan susu dan telur pun akan lebih awet serta tahan lama.


2. Makanan Kaleng

Makanan kaleng bisa awet cukup lama selama tidak terkontaminasi. Oleh sebab itu, makanan kaleng bisa untuk stock dalam jangka waktu yang lama. Meskipun begitu, jangan lupa untuk melihat tanggal kadaluarsanya.


Anda bisa memilih berbagai macam jenis makanan kaleng, seperti ikan sardines, tuna, rendang dan lainnya. Usahakan untuk tidak hanya memilih satu jenis saja, sebab lauk yang bervariasi tidak akan membuat anggota keluarga bosan.


3. Bumbu Kering

Bumbu kering akan memudahkan dalam memasak. Oleh sebab itu, menyimpan beberapa bumbu kering, seperti garam, gula, kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu jamur dan lainnya, terutama bumbu-bumbu yang biasanya digunakan sangatlah penting.


Selain itu, jika Anda gemar memasak dengan menggunakan banyak rempah-rempah, Anda juga bisa membeli rempah-rempah kering. Seperti ketumbar, bubuk pala, bubuk bawang putih, thyme, basil, bubuk kunyit, daun salam dan lainnya.


Simpan bumbu kering dalam wadah kedap udara dan terhindar dari sinar matahari, agar bumbu kering tidak mudah berjamur dan rusak.


4. Bumbu Basah

Masakan Indonesia, umumnya banyak menggunakan berbagai macam jenis rempah-rempahan dan bumbu. Entah itu bumbu kering maupun basah. Oleh sebab itu, Anda harus selalu menyimpan beberapa stok bumbu basah.


Bumbu basah yang biasa digunakan dalam berbagai masakan adalah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, lengkuas, sereh, daun jeruk dan lainnya.


Untuk bumbu basah, terutama bawang pastikan untuk menyimpannya di tempat kering dan jangan simpan di kulkas, menyimpan bawang di kulkas, berakibat pada bawang bertunas dan tidak bisa digunakan.


Sementara untuk cabai lebih baik disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara dan diberikan tisu dapur sebagai alas agar lebih awet.


5. Minuman

Minuman ini tidak harus ada dalam list belanja bulanan, tetapi bisa menjadi reward sesekali untuk anggota keluarga.


Belilah minuman sesuai dengan budget dan jangan lupa memperhatikan tanggal kadaluarsa. Selain teh atau, kopi, bisa membeli minuman instan seperti soda maupun jus.


6. Bahan Kue

Barang selanjutnya yang harus ada dalam list belanja bulanan adalah bahan-bahan kue. Bahan kue seperti tepung terigu protein sedang bisa digunakan untuk berbagai macam masakan dan bukannya untuk membuat kue saja.


Anda bisa membeli berbagai jenis tepung, seperti tepung terigu, tepung beras dan tepung bumbu. Selain itu baking soda, baking powder juga diperlukan di dapur, karena bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan rumah tangga.


7. Saus

Bahan makanan selanjutnya yang harus ada dalam list belanja bulanan adalah saus. Rasanya makanan Indonesia tanpa saus sambal kurang lengkap bukan? Baik saus sambal, saus tomat, kecap atau bahkan sambal instan.


Lalu, apabila suka Anda bisa menambahkan saus lainnya dalam list belanjaan. Contohnya seperti mayonaise, kecap ikan, saus tiram, saus BBQ dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membeli saus sesuai kebutuhan saja agar tetap hemat!


8. Perlengkapan Mandi

Selain bahan makanan, perlengkapan mandi tidak kalah penting dan harus ada dalam list belanja bulanan. Jika Anda memiliki bayi atau anak yang masih kecil, maka harus lebih teliti dalam memilih perlengkapan mandinya. Sebab bayi dan anak yang masih kecil cenderung memiliki kulit yang masih sensitif dan membutuhkan perawatan khusus.


Sementara itu untuk yang lebih besar, bedakan perlengkapan mandi untuk perempuan dan laki-laki, karena memang tekstur kulit berbeda. Belilah perlengkapan mandi untuk persediaan yang cukup lama dan sesuaikan dengan kebutuhan.


9. Perlengkapan Kebersihan Rumah

Agar rumah selalu dalam keadaan bersih, Anda tentunya tidak boleh lupa untuk membeli perlengkapan kebersihan rumah. Contohnya seperti pewangi ruangan, cairan pembersih lantai, cairan pembersih kaca hingga desinfektan.


Biasanya, perlengkapan kebersihan rumah lebih awet, karena hanya digunakan satu minggu sekali. Oleh karena itu, tidak perlu membeli produk kebersihan rumah terlalu banyak. Cukup 1 pcs per produk agar pengeluaran tidak membengkak.


10. Perawatan tubuh dan wajah

Sama halnya dengan perlengkapan mandi, perawatan tubuh dan wajah pun harus disesuaikan dengan tekstur dan tipe kulit wajah masing-masing, namun arena produk perawatan wajah umumnya lebih mahal, maka Anda hanya perlu membeli produk-produk yang sudah habis saja.


Setelah memastikan list belanja bulanan di atas terorganisir dengan baik, jangan lupa memanfaatkan momen promo agar dapat lebih berhemat. Seperti Toko SRC yang menawarkan banyak promosi menarik untuk produk kebutuhan harianmu. Bahkan, Anda bisa mendapatkan harga bundling yang biasanya dibuat oleh pemilik Toko SRC. Anda juga bisa menikmati kemudahan transaksi lewat layanan Pesan Antar dari aplikasi My AYO by SRC

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us