list belanja bulanan
3 May 2023
Intip List Belanja Bulanan Ini Biar Nggak Tekor!

Setiap keluarga maupun individu penting untuk mengetahui cara mengatur keuangan bulanan dengan baik. Agar tidak berujung tekor, sebaiknya kamu memiliki list atau daftar belanja bulanan mulai dari sembako hingga kebutuhan sandang, pangan dan papan lainnya. Biasanya, orang akan membuat list belanja satu kali setiap awal bulan, namun tak sedikit pula yang lebih nyaman untuk membuat list belanja mingguan.


Berikut inspirasi daftar belanja bulanan yang bisa kamu beli di awal atau tengah bulan: 

  • Sembako

Beras, minyak, tepung terigu, dan telur jadi bahan-bahan sembako yang wajib dibeli pertama saat kamu melakukan belanja bulanan. Biasanya, sembako bisa kamu dapatkan dengan berbelanja di toko kelontong sekitar rumah. Kamu pun bisa mendapatkan harga yang tak kalah kompetitif. 

  • Air Galon & Gas

Kebutuhan utama selanjutnya yang harus dibeli saat belanja bulanan adalah stok air galon dan gas. Kamu tidak perlu membeli semuanya di awal bulan, namun kamu tetap harus memperhitungkan pengeluaran air galon dan gas ini selama sebulan agar tidak berujung tekor di akhir bulan. 

  • Bumbu dapur

Garam, lada, gula, merica dan bumbu-bumbu dapur lainnya adalah barang yang harus kamu beli setiap bulannya. Sebab, penggunaan bumbu dapur biasanya setiap hari terlebih untuk kamu yang memang gemar memasak di rumah. 

  • Kecap dan saus

Di daerah manapun, kebutuhan akan kecap dan saus seolah sudah jadi kebutuhan pangan yang harus ada di setiap rumah. Agar lebih hemat sebulan, kamu bisa membeli kecap dan saus 1-2 botol ukuran sedang. Atau jika toko menawarkan paket bundling kamu bisa memanfaatkannya. 

  • Perlengkapan mandi

Sabun, shampoo, odol, dan sikat gigi jadi barang-barang yang juga gak boleh terlewatkan buat kamu beli setiap bulannya. Sebaiknya, kamu membeli perlengkapan mandi dengan ukuran besar atau refill agar harga lebih murah. 

  • Pembersih rumah

Barang-barang untuk membersihkan rumah seperti pembersih lantai, pencuci piring, dan detergen juga sebaiknya dibeli dalam kemasan besar atau reffill. 

  • Makanan & minuman kemasan

Jika kamu termasuk orang yang gemar makan-makanan ringan yang praktis, sebaiknya mie, sarden, kornet, pasta, kopi sachet, dan lainnya wajib masuk dalam list belanja bulanan kamu. Kamu bisa membeli produk-produk ini dalam bentuk ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak membuat bengkak pengeluaran yang justru bersifat pangan. 

  • Tissue & Masker

Di era endemik seperti sekarang, penting juga buat kamu untuk tetap stok hand sanitizer, tissue, dan masker. Selain untuk mencegah penyebaran virus, barang-barang ini juga berguna untuk memproteksi diri kamu dari penyakit lainnya dan membuat rasa nyaman terhadap kebersihan diri dan lingkungan. 

  • Obat-obatan & Vitamin

Obat-obatan serta vitamin menjaga daya tahan tubuh juga harus kamu stok di rumah. Hal ini guna mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan di malam hari. Misalnya jika ada anggota keluarga yang sakit, kamu bisa memberikannya obat generik sementara sebelum membawanya ke dokter.

  • Perawatan diri

Barang terakhir yang harus ada di list belanja bulanan adalah barang-barang perawatan diri seperti skincare, parfum, deodorant, make up dan lain sebagainya. 


Nah, itu dia 10 barang yang wajib ada di list belanja bulanan kamu. Toko SRC hadir sebagai solusi buat kamu belanja lebih hemat. Karena berbelanja di Toko SRC tidak hanya memberikan kamu kenyamanan saja, tapi juga menawarkan harga yang kompetitif dan barang yang lengkap mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Yuk, kunjungi Toko SRC terdekat di kotamu sekarang! Dan, nikmati pengalaman baru berbelanja di Toko SRC yang rapi, bersih, terang dan nyaman!

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us