transformasi toko kelontong
3 May 2023
Menilik Transformasi Toko Kelontong yang Sudah #JadiLebihBaik

Keberadaan toko kelontong sudah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu. Di Indonesia sendiri, toko kelontong sebetulnya berasal dari kata ‘kelontong’ yang merujuk pada alat bunyi-bunyian yang selalu dibawa oleh pedagang Tionghoa ketika berkeliling menjajakan barang dagangannya. Kelontong adalah tambur mini yang pada kedua sisinya diletakkan biji bulat yang menghasilkan bunyi ‘klontong… klontong’. Hal ini lah yang jadi penanda bagi pembeli terhadap kehadiran sang penjual. 


Sering dengan perkembangan zaman, toko kelontong pun tidak hanya dijajakan oleh penjual Tionghoa keliling saja, tapi juga oleh masyarakat pribumi. Toko kelontong dikenal dengan banyak versi yang berbeda-beda di setiap daerah, namun pada hakikatnya toko kelontong merupakan toko yang menjual berbagai kebutuhan harian seperti sembako, peralatan rumah tangga, makanan ringan hingga alat tulis. Toko kelontong biasanya terletak di dekat pemukiman penduduk dan pusat keramaian seperti pasar, sekolah atau pinggir jalan raya. Ukuran toko kelontong di Indonesia sendiri bisa dibilang tidak terlalu besar, namun padat dengan banyaknya barang-barang yang diperjualbelikan. 


Saat ini, toko kelontong sudah berkembang mengikuti perkembangan zaman. Jika sebelumnya hanya melakukan transaksi jual beli barang secara konvensional menggunakan alat tukar uang, sekarang kamu sudah bisa menemukan toko kelontong yang menerapkan ekosistem digital untuk memenuhi kebutuhan toko Dan pelanggannya. 


Toko SRC merupakan salah satu bukti nyata membuat toko kelontong naik kelas #JadiLebihBaik. Bagi kamu yang sudah pernah berkunjung ke Toko SRC, maka akan merasakan pengalaman yang berbeda ketika berbelanja seperti keadaan toko yang lebih rapi, bersih, dan terang. Selain itu, kamu juga bisa menemukan kemudahan dalam bertransaksi di Toko SRC, yang tidak hanya melayani pembayaran tunai tapi juga non-tunai seperti menggunakan QRIS. 


Toko SRC juga menjual beragam produk digital seperti pulsa, bayar Token Listrik, Pesawat, BPJS, Games, dan lainnya. Kamu juga bisa menemukan sebuah rak yang berisikan beragam produk UMKM yang diberi nama Pojok Lokal. Berbelanja di Toko SRC, tidak hanya mudah dan hemat, tapi juga memberikan pengalaman yang lebih nyaman dan sekaligus membantu menggerakan roda perekonomian UMKM. 


Yuk, cek Toko SRC sekitarmu. Download aplikasi My AYO buat menemukan kemudahan dan kepraktisan berbelanja di Toko SRC. Bersama SRC, mari bantu UMKM toko kelontong bergerak #JadiLebihBaik!

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us