Tips Belanja Hemat Ala SRC
22 Sep 2023
Tips Belanja Hemat Mingguan di Warung Sembako ala SRC

Belanja adalah hal yang sangat menyenangkan, termasuk belanja sembako. Namun, tanpa perencanaan yang baik, kegiatan belanja malah bisa jadi bencana. Banyak barang tidak penting yang akan kita beli atau banyak barang yang akan terbuang sia-sia karena tidak kita gunakan dengan tepat waktu. Hal ini dapat menyebabkan pengeluaran yang membengkak.


Selain itu, berbagai harga kebutuhan pokok terus melonjak setiap bulannya. Hal ini tentu membuat kita harus lebih pintar mengatur strategi keuangan yang tepat, agar hemat. Jika memang ada kebutuhan yang pengeluarannya bisa ditekan mengapa tidak dilakukan? Kali ini SRC punya beberapa tips belanja hemat mingguan di warung sembako yang bisa kamu coba praktikkan. 


1. Buat Rencana Masak Mingguan

Membuat rencana masak adalah langkah awal untuk menghemat biaya belanja mingguan. Kita bisa membuat rencana masak sendiri atau mendiskusikannya bersama anggota keluarga.. Pastikan menu tersebut juga disukai oleh anggota keluargamu, sehingga tidak banyak makanan sisa yang terbuang.


Selain menentukan menu, pertimbangkan juga nutrisi, rasa, dan tekstur menu makanan. Kita juga bisa mempertimbangkan adanya makanan pendamping. Seperti buah, minuman, atau camilan pendamping. Dengan membuat rencana masak, akan lebih mudah mengetahui kebutuhan yang perlu dibeli.


2. Periksa Bahan Makanan di Dapur dan Kulkas

Setelah menyusun menu mingguan, jangan lupa untuk mengecek ketersediaan bahan makanan di dapur, lemari penyimpanan, dan di kulkas. Tidak ada salahnya membuat daftar bahan makanan dan bumbu yang masih tersedia sebelum kalian belanja di warung sembako.


Selanjutnya, buat skala prioritas bahan apa saja yang harus ditambah stoknya, harus diganti, atau yang masih tersedia. Kita bisa memasukkan bahan yang perlu dibeli ke dalam daftar belanjaan pekan tersebut. Cara ini juga dapat mengurangi kemungkinan belanja barang yang sama dua kali. Sehingga, pengeluaran bisa menjadi lebih hemat.


3. Tentukan Budget dan pisahkan Budget Belanja Mingguan & Bulanan

Budget belanja mingguan perlu ditentukan pada awal bulan agar tidak ada uang yang berlebih atau kurang. Saat pendapatan masuk, ada baiknya kamu langsung membagi dana untuk berbagai kebutuhan. Dalam membagi dana, memisahkan budget belanja mingguan dan bulanan akan membantu kita memantau pengeluaran dan kebutuhan. Dengan begitu, kesehatan keuangan keluarga bisa lebih terjaga. Produk jangka panjang seperti beras, gula, minyak goreng, dan sabun cuci bisa dimasukkan dalam kategori belanja bulanan. Sedangkan produk seperti telur, ayam, daging, buah dan sayur, bumbu dapur dan sebagainya bisa masuk dalam kategori belanja mingguan.



4. Buat Daftar Belanja

Setelah membuat rencana masak, rencana keuangan, dan bahan yang diperlukan, selanjutnya kita perlu membuat list belanja. Kamu bisa membuat daftar tersebut di kertas kecil atau menggunakan aplikasi catatan di smartphone.


Daftar belanja akan membantu kita lebih fokus pada barang yang dibutuhkan saja. Selain itu, daftar tersebut juga membantu kita mengingat kebutuhan dan mengurangi resiko pemborosan saat belanja di toko sembako.


5. Lakukan Food Preparation

Jika sudah selesai belanja, jangan lupa untuk mengemas dan menyimpan barang belanjaan dengan baik. Agar lebih awet, kalian bisa menggunakan metode food preparation. Metode ini membuat bahan makanan jadi lebih tahan lama dan mengurangi limbah makanan.


Untuk melakukan food preparation, kita hanya memerlukan wadah kedap udara. Pastikan setiap bahan makanan disimpan dalam wadah yang berbeda. Kemudian, simpan bahan makanan tersebut di kulkas atau freezer sesuai kebutuhan. Dengan metode ini, bahan makanan bisa awet hingga 1-2 minggu.


Selain menerapkan 5 tips di atas, trik hemat terakhir buat berbelanja adalah memanfaatkan momen promo. Seperti Toko SRC yang menawarkan banyak promosi menarik untuk produk kebutuhan harianmu. Bahkan, kamu bisa mendapatkan harga bundling yang biasanya dibuat oleh pemilik Toko SRC. Kamu juga bisa menikmati kemudahan transaksi lewat layanan Pesan Antar dari aplikasi My AYO by SRC

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us