Toko kelontong SRC Murizal
9 Mar 2021
Toko SRC Murizal, From Zero to Hero

Toko Ud Murizal merupakan salah satu toko kelontong yang menjadi andalan masyarakat di Muara Satu, Lhokseumawe. Sayangnya, Toko Ud Murizal tidak tertata rapi sebelum akhirnya gabung dengan SRC. Kehadiran SRC pada 2011 lalu memang membawa dampak besar untuk Toko Ud Murizal yang berbenah menjadi Toko Kelontong Masa Kini. 

Bapak Murizal mengisahkan, jika dirinya pertama kali gabung SRC atas inisiatif dan semangatnya untuk usaha yang lebih baik. Ia tak menyangka jika pengembangan usaha yang diberikan SRC memberikan manfaat yang cukup besar untuk usaha toko kelontong miliknya. Apalagi sekarang Toko SRC Murizal sudah terlihat lebih rapi berkat pelatihan cara penataan toko kelontong yang baik dan benar yang diberikan oleh SRC. 

Perlahan namun pasti, Toko SRC Murizal membenahi tokonya baik dari penyusunan barang sampai penampilan toko walaupun pada saat itu toko ini masih 1 pintu. Seiring berjalannya waktu perubahan demi perubahan yang dilakukan Murizal itu membuahkan hasil dengan omzet yang terus meningkat. Berangkat dari hal inilah, Bapak Murizal juga terdorong untuk ikut memajukan toko kelontong lain yang berada di Banda Aceh, khususnya Lhokseumawe. 

“Secara gotong royong saya dan teman-teman datang membantu toko lain buat menata (rak) yang rapi. Untuk kawan harus sukses,” ujar Murizal mengisahkan pengalaman berharganya bersama paguyuban SRC.  

Lebih lanjut, Bapak Murizal berhasil melakukan perluasan terhadap toko kelontong miliknya pada 2014. Ia juga turut mengajak serta masyarakat sekitar toko kelontong untuk mengembangkan usaha lewat produk-produk UMKM yang dijajakan di Pojok Lokal SRC. Hingga saat ini, tak kurang dari 2000 potong kue Pojok Lokal habis setiap hari berhasil terjual di Toko SRC Murizal. 

“Kedua belah pihak terbantu. Dengan saya jualan, mereka jadi nggak nganggur. Sekarang kita sama-sama bisa sukses,” kenang Bapak Murizal. 



Usaha Murizal untuk turut serta mengajak ibu rumah tangga sekitar untuk membangkitkan UMKM itu semakin berbuah manis karena Toko SRC Murizal berhasil memenangkan program pengembangan toko dari SRC pada 2019. Lantas, ia pun melakukan pembenahan terhadap Toko SRC Murizal menjadi Toko Kelontong Masa Kini yang dilengkapi dengan kaca, CCTV, AC, dan Cooler. Keberhasilan Bapak Murizal tidak serta merta tidak didukung oleh usaha kerasnya selama ini membangkitkan perekonomian keluarganya lewat usaha toko kelontong bersama SRC.


Bapak Murizal merasa sangat terbantu dan bangga bisa gabung dengan SRC. Usaha modal kecil dari toko kelontong yang ia geluti kini bisa membawa dampak bagi banyak orang. Bapak Murizal pun berharap akan lebih banyak pemilik toko kelontong di Indonesia yang mengikuti langkahnya berbenah menjadi Toko Kelontong Masa Kini. 



Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us