3 Alasan Pembayaran Digital Perlu Disediakan Pelaku Usaha
8 Jun 2022
Cerita Sahabat
3 Alasan Pembayaran Digital Perlu Disediakan Pelaku Usaha

Di era modern seperti saat ini, pembayaran digital menjadi metode pembayaran yang sering digunakan. Mengurangi penggunaan uang cash di saat pandemi covid-19, juga menjadi salah satu alasan kenapa pembayaran digital wajib dimiliki para pelaku usaha. Dengan adanya pembayaran digital, proses pembayaran jadi jauh lebih mudah dan cepat. Hal ini menjadi alasan utama bagi pelaku usaha untuk memberikan alternatif pembayaran digital kepada pelanggan, dalam melakukan transaksi.


Beberapa jenis pembayaran digital yang saat ini biasa digunakan dalam transaksi pembayaran, seperti:


1. E-wallet

E-wallet sebenarnya mirip dengan dompet pada umumnya yang digunakan untuk tempat menyimpan uang. Bedanya, e-wallet menyimpan uang secara digital. Dalam transaksi pembayaran, e-wallet bisa digunakan secara online atau offline menggunakan kode QR. Kode QR biasanya diletakan di dekat kasir dalam bentuk barcode. Dalam penggunaannya, pelanggan hanya perlu melakukan scan barcode sebagai proses verifikasi.


2. M-banking

M-banking adalah fasilitas yang diberikan sebuah bank untuk mempermudah para nasabah melakukan transaksi perbankan. Fasilitas yang bisa digunakan pelanggan untuk transaksi pembayaran melalui m-banking bisa dengan transfer ke nomor rekening penjual. Selain dengan transfer, saat ini m-banking dilengkapi fasilitas kode QR yang penggunaannya sama seperti e-wallet.


3. Kartu Debit

Pembayaran melalui kartu debit banyak ditemukan dalam transaksi pembayaran. Melalui mesin EDC (Electronic Debit Capture), pelanggan hanya perlu menggesek kartu debit di mesin EDC dan lakukan verifikasi pembayaran berupa kode pin.


Ketiga jenis pembayaran digital tersebut bisa digunakan pelaku usaha untuk memberikan layanan pembayaran kepada pelanggan. Pembayaran melalui digital juga memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha. diantaranya:


Tidak Perlu Memikirkan Uang Kembalian

Dalam proses pembayaran digital, pelanggan bisa langsung membayar sesuai dengan nominal transaksi yang dilakukan. Dengan begitu, kamu tidak perlu mencari uang kembalian.


Transaksi jadi Lebih Cepat

Transaksi yang dilakukan melalui pembayaran digital, jauh lebih cepat dan mudah dibanding pembayaran biasa. Pelanggan hanya perlu melakukan verifikasi pembayaran sesuai nominal, sehingga proses transaksi bisa lebih cepat dibanding melalui pembayaran uang secara langsung.


Pembukuan Keuangan Tercatat Secara Digital

Penggunakan transaksi pembayaran digital akan mempermudah kamu dalam mencatat pembukuan. Nilai transaksi dan jenis barang yang dibeli secara langsung, tercatat dalam aplikasi pembukuan toko secara detail.


Pelaku usaha seperti ritel yang memiliki daftar produk beragam, disarankan menggunakan pembayaran digital. Keuntungan-keuntungan tersebut akan sangat membantu proses pendataan produk dan transaksi penjualan. 


Saat ini, penggunaan metode pembayaran digital banyak digunakan oleh toko kelontong modern seperti Toko Kelontong SRC. Melalui Ekosistem Digital AYO SRC, pemilik toko kelontong diajak untuk lebih memahami perkembangan digital dalam usaha ritel. Berbagai aplikasi AYO SRC yang saling terintegrasi satu dengan lainnya, SRC mengajak kamu untuk jadi Toko Kelontong Masa Kini.


Agar kamu lebih mudah menjalankan usaha toko kelontong, kamu bisa gunakan aplikasi AYO SRC Toko. Aplikasi AYO SRC Toko memberikan fasilitas transaksi pembayaran dan mengatur stok barang secara real-time. Kamu juga bisa belanja secara online ke Mitra SRC sehingga kamu tidak perlu meninggalkan toko untuk belanja kebutuhan toko kelontong.


Buruan gabung SRC sekarang! Masuk ke dalam Ekosistem Digital AYO SRC dan dapatkan kesempatan mengembangkan usaha toko kelontong untuk terus tingkatkan omzet penjualan bersama SRC Indonesia.

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us