Daftar Barang Toko Kelontong
20 Apr 2021
Cerita Sahabat
10 Daftar Barang Toko Kelontong untuk Dijual Sehari-hari

Urusan berbelanja, masyarakat Indonesia mengandalkan warung kelontong sebagai alternatif yang paling efektif karena lokasinya yang dekat rumah. Seiring dengan perkembangan zaman, warung kelontong bertransformasi menjadi toko kelontong. Lantas, apa itu toko kelontong? Apa, sih, yang membedakannya dengan warung kelontong yang selama ini kita tahu?


Pada dasarnya, toko kelontong adalah sebuah tempat yang menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari. Saat ini toko kelontong identik dengan tampilan yang lebih rapi, dinamis, dan tentunya nyaman untuk berbelanja, seperti halnya Toko Kelontong SRC. 


Bebenah dari penggambaran warung kelontong di atas, SRC memang telah mentransformasikan warung kelontong menjadi Toko Kelontong Masa Kini yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Jika kamu ingin mencoba membuka usaha toko kelontong, yuk simak berikut ini adalah beberapa daftar barang yang biasa dijual oleh toko kelontong: 


1.Sembako

Berlokasi dekat dengan pemukiman penduduk, toko kelontong sudah pasti menjual barang-barang sembako seperti beras, tepung terigu, minyak, gula, telur, dan beberapa barang pokok lainnya. Sembako yang dijual di toko kelontong bisa dalam bentuk eceran maupun sudah dalam bentuk kemasan yang lebih praktis.


2.Kebutuhan rumah tangga

Barang kebutuhan sehari-hari lainnya yang dijual di toko kelontong adalah kebutuhan rumah tangga seperti sabun mandi, shampo, pasta gigi, sikat gigi, sabun pencuci piring, deterjen, hingga barang-barang perlengkapan rumah seperti sapu, ember dan gayung. Selain sembako, barang kebutuhan rumah tangga juga jadi barang yang cukup banyak dibeli di toko kelontong.

3.Alat tulis

Sejumlah toko kelontong biasanya juga menyediakan berbagai macam alat tulis untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Alat-alat tulis yang biasanya dijual adalah barang-barang yang cukup umum seperti buku tulis, pulpen, pensil, penggaris, lem, kertas kado, dan gunting. 


Di Toko Kelontong SRC, alat tulis biasanya diletakan rapi di etalase. Cara menata toko yang menarik minat pembeli salah satunya adalah memperlihatkan dan menyusun rapi barang sesuai jenisnya. Misalnya, lokasi pulpen bisa diletakan di etalase paling atas berdampingan dengan beberapa alat tulis lainnya. Sementara buku tulis bisa Sahabat SRC letakan di etalase baris kedua. 


4.Obat-obatan 

Yang tak kalah penting untuk dijual toko kelontong adalah obat-obatan. Meski tidak selengkap apotek, namun setidaknya toko kelontong menyediakan obat-obatan ringan yang tidak memerlukan resep dokter seperti obat sakit kepala, obat penurun demam, obat pusing, minyak angin, koyo, dan lain sebagainya. Menyediakan obat-obatan membuat toko kelontong bisa jadi alternatif pertama pelanggan saat membutuhkan karena lokasinya yang dekat dengan rumah.


5.Jajanan dan makanan ringan  

Selain ibu rumah tangga, toko kelontong juga sering didatangi oleh anak-anak karena menjual berbagai macam jajanan dan makanan ringan seperti cemilan, permen, wafer, coklat, dan biskuit. Untuk itu, cara menata rak makanan ringan juga perlu diperhatikan agar semakin menarik minat pembeli anak-anak. 


Misalnya saja, untuk makanan ringan yang manis seperti coklat dan permen bisa diletakan di rak dekat atau agak bawah kasir. Produk-produk di area antrian kasir memang cukup profitable dan mampu meningkatkan implusive buying, terutama untuk anak-anak yang gemar produk seperti coklat dan permen.  


Sejumlah pemilik toko juga biasa meletakan jajanan ringan di depan toko agar lebih menarik mata pembeli. Toko Kelontong SRC sendiri memiliki ciri khas dengan menyediakan rak khusus jajanan buatan UMKM yang diberi nama Pojok Lokal. Produk makanan ringan yang dipajang di Pojok Lokal biasanya cukup favorit karena diproduksi langsung oleh UMKM sekitar toko, yang notabene pelanggan sudah mengetahui kualitas dari produk. 

6.Gas Elpiji

Kebutuhan rumah tangga yang tidak kalah penting adalah gas elpiji. Masyarakat Indonesia, terutama kota-kota besar sudah hampir seluruhnya menggunakan gas elpiji untuk keperluan memasak. Untuk itu, tidak ada salahnya jika toko kelontong menyediakan gas elpiji sebagai alternatif pembelian selain pelanggan harus pergi ke pasar. 


Namun, saat menjual produk gas elpiji sebaiknya diperhatikan juga peletakannya jangan sampai membahayakan pembeli dan toko kelontong. Gas elpiji bisa diletakkan di paling luar toko demi keamanan. 


7.Air mineral

Air mineral jadi kebutuhan lain yang tidak kalah penting untuk masyarakat. Toko kelontong bisa menjual air mineral dalam berbagai ukuran, mulai dari gelas, botol, hingga galon. SRC sendiri saat ini sudah memiliki produk air mineral ES.ER.CE dengan harga yang bersahabat dan juga kualitas yang baik. Kini sudah tersedia di sejumlah Toko Kelontong SRC. 


8.Perlengkapan bayi 

Toko kelontong biasa menyediakan produk-produk perlengkapan bayi seperti popok. Sampo bayi, sabun bayi hingga minyak telon. Hal ini disebabkan beberapa perlengkapan bayi ini cukup sering dicari pelanggan dalam penjualannya. 


9.Produk pembayaran digital 

Sudah bukan jadi hal yang aneh lagi ketika toko kelontong menyediakan produk pembayaran digital. Toko Kelontong SRC memiliki produk Pojok Bayar, yang di mana jadi keunggulan Toko Kelontong Masa Kini dalam memenuhi kebutuhan masyarakat seperti membeli pulsa, token listrik, internet, BPJS, PDAM, hingga tiket perjalanan pesawat. 


Pojok Bayar SRC bisa dimanfaatkan oleh pemilik toko dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi AYO SRC Toko. Lantas, pemilik toko bisa melakukan isi ulang saldo untuk dapat melakukan pembayaran produk-produk digital yang diajukan pelanggan. 


10.Lain-lain

Kategori lain-lain merupakan daftar barang toko kelontong yang tidak termasuk sembilan jenis di atas seperti obat nyamuk, tissue, tusuk gigi, tali rafia, dan lainnya. 


Nah, itu dia 10 daftar barang toko kelontong yang bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lantaran jumlah barang yang banyak, sebaiknya Sahabat SRC dapat mengetahui cara menata toko kelontong yang baik agar tetap terlihat bersih, rapi, dan tentunya modern. 


Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pembukuan toko agar mengetahui omzet penjualan serta stok barang toko kelontong tetap terjaga. Untuk memudahkan, SRC menyediakan aplikasi AYO SRC Toko untuk pemilik toko dapat mengatur pembukuan toko hingga membeli stok barang. Segera unduh dan nikmati berbagai kemudahan aplikasi AYO SRC Toko sekarang!

Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us