3 Manfaat Transformasi Toko Kelontong Modern Ala SRC
22 Sep 2023
3 Manfaat Transformasi Toko Kelontong Modern

Keberadaan toko kelontong sudah menjadi ciri khas bangsa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa selama ini toko kelontong telah menjadi garda terdepan dalam menyediakan kebutuhan masyarakat. Namun, disamping perannya yang fundamental bagi masyarakat, toko kelontong terlihat belum terlalu banyak melakukan transformasi dari tahun ke tahun. Hal ini dapat menjadi masalah, karena bisnis ritel lainnya kini telah berlomba-lomba memanfaatkan teknologi agar semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat. 


Tantangan ini menjadi semakin nyata, ketika kita melihat semakin menjamurnya minimarket yang lebih nyaman, modern, dan lengkap. Perlahan tapi pasti, toko-toko tradisional bisa jadi kehilangan konsumen akibat perubahan perilaku belanja masyarakat yang mengutamakan kepraktisan. Tentunya, bisnis toko kelontong ini juga sangat vital bagi para pemiliknya, karena sebagian besar pemilik menjadikan toko mereka sebagai sumber penghasilan utama.


Untuk bisa bersaing, ekosistem toko kelontong harus terus dibenahi. Salah satunya dengan menerapkan teknologi baik melalui penggunaan aplikasi-aplikasi digital untuk segala kebutuhan toko kelontong. Apa saja manfaat toko kelontong modern? Yuk, simak penjelasan berikut!


1. Kemudahan Pencatatan Bagi Pemilik Toko

Dalam berbisnis, terkadang kesalahan pencatatan tidak dapat terelakkan, misalnya untuk menghitung total transaksi sampai menghitung jumlah stock. Nah dengan modernisasi toko kelontong menggunakan beberapa platform atau aplikasi digital pendukung seperti AYO Kasir by SRC,  diharapkan pencatatan menjadi lebih praktis dan kesalahan dalam aktivitas berbisnis dapat diminimalisir. 


Aplikasi ini fungsinya mencatat penjualan toko secara realtime, sehingga para pemilik toko dapat memantau perkembangan keuntungan  setiap harinya. Bahkan, konsumen pun kini bisa mendapatkan nota belanja dari setiap transaksi di toko.


2. Menghemat Waktu dan Biaya

Berbelanja kebutuhan toko kelontong kadang cukup menyulitkan dan menghabiskan waktu bagi pemilik toko apalagi jika belum memiliki pegawai yang dapat membantu. Terkadang mereka jalan sendiri ke agen, mencari waktu yang tepat untuk menutup toko, menghabiskan waktu di perjalanan menuju agen, dan mengantri lama saat belanja kebutuhan barang di agen. 


Nah, sekarang ada solusi bagi para pemilik toko yaitu aplikasi belanja yang langsung menghubungkan pemilik toko dan agen, salah satunya aplikasi AYO TOKO yang memiliki beragam fitur untuk memudahkan pemilik toko kelontong seperti berbelanja lewat Mitra SRC yang bisa dicek terlebih dahulu ketersediaan dengan harga yang cukup bersaing dan sistem pembayaran yang bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti virtual account dan COD (Cash On Delivery) ketika barang diantar.


3. Kemudahan Bagi Pelanggan

Saat ini, berbisnis tidak hanya tentang mendapatkan uang semata, tetapi juga tentang memberikan pelayanan lebih kepada pelanggannya agar pelanggan lebih loyal dan mudah mengakses bisnis kita. Modernisasi toko kelontong juga dilengkapi dengan modernisasi kemudahan pelanggan berbelanja yang mana, pelanggan dapat mencari dan membeli produk kebutuhannya kapanpun dan dimanapun. Kemudahan ini tentu didukung dengan kehadiran aplikasi pemenuhan kebutuhan pelanggan seperti aplikasi My AYO by SRC yang memberikan berbagai keuntungan serta kemudahan berbelanja SRC dalam genggaman bagi pelanggan. Pelanggan akan merasakan pengalaman yang menyenangkan berbelanja di toko kelontong, khususnya Toko SRC sebagai Solusi Belanja Harian kapanpun dan dimanapun berada.


Nah setelah menyimak manfaat dari transformasi toko kelontong modern diatas, sudahkah kamu tertarik untuk segera memodernisasi tokomu? Yuk, cek artikel seputar modernisasi toko kelontong dan pengembangan toko lainnya di  link ini. Kamu juga bisa download aplikasi AYO TOKO untuk membantumu dalam mengembangkan usaha toko kelontong  #JadiLebihBaik. 



Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us