Cara menghemat pengeluaran
18 Aug 2023
Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan yang Efektif

Pencatatan keuangan penting untuk dilakukan untuk mencegah pengeluaran berlebih yang membesar di akhir bulan. Setiap orang tentunya memiliki cara efektif masing-masing dalam hal pencatatan keuangan, ada yang tiap hari, minggu hingga bulan. Idealnya, pengeluaran terbesar akan ada di awal atau akhir bulan karena adanya kebutuhan-kebutuhan domestik seperti listrik, air, internet, dan lainnya yang biasanya dibayarkan satu bulan sekali.


Di sisi lain, ada kebutuhan rumah tangga seperti sembako atau kebutuhan lainnya yang sifatnya dadakan yang terkadang membuat pengeluaran menjadi berlebih.  Buat menghindari hal tersebut, yuk simak beberapa tips cara menghemat pengeluaran yang bisa kamu lakukan agar cashflow lebih efektif!


1. Membuat daftar belanja

Untuk mengetahui detail pengeluaran, sangat penting untuk kamu membuat daftar belanja bulanan kamu. Kamu bisa mulai dari pengeluaran tetap seperti listrik, air , gas , dan internet. Pengeluaran tetap ini biasanya akan besar di awal bulan. Namun, buat menghindari pembengkakan pengeluaran di akhir bulan, maka penting juga buat kamu membuat daftar semua kebutuhan rumah tangga mingguan dan harian. Kebutuhan setiap minggu seperti sembako, sabun, shampoo, deterjen dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Sementara kebutuhan harian adalah kebutuhan yang memang dibelanjakan dalam jumlah sedikit seperti minuman dan makanan ringan.


2. Memanfaatkan promosi

Setelah membuat daftar belanjaan, maka hal selanjutnya agar kamu bisa menghemat pengeluaran adalah dengan memanfaatkan promosi saat berbelanja. Biasanya penjual akan melakukan promosi di momen gajian dan tanggal kembar. Kamu juga bisa membeli produk-produk promosi yang dibuat bundle, karena biasanya harga yang ditawarkan akan jauh lebih hemat jika kamu membeli satuan.


3. Belanja di toko kelontong

Untuk membantu roda perekonomian secara mikro, tak ada salahnya kalo kamu berbelanja di para pelaku UMKM seperti toko kelontong yang ada di sekitar rumahmu. Selain harga yang juga kompetitif, toko kelontong juga biasanya menyediakan berbagai kebutuhan harian kamu. Bahkan, toko kelontong masa kini seperti Toko SRC memiliki layanan Pojok Bayar yang bisa memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran produk-produk digital seperti pulsa, internet, listrik, PDAM, BPJS, dan lainnya. Kamu juga bisa melakukan pembayaran cashless dengan mudah di Toko SRC.


Untuk pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, SRC memiliki aplikasi My AYO yang bisa diakses oleh pelanggan setia. Kamu juga bisa menikmati berbagai keuntungan berbelanja di Toko SRC terdekat. Dapatkan juga informasi promo hingga poin berbelanja yang menarik buat dicoba. Yuk, download aplikasi My AYO by SRC sekarang! 

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us