Memulai Toko Kelontong SRC Dari Nol Sampai Jadi Bintang Inspiratif
8 Feb 2023
Memulai Toko Kelontong SRC Dari Nol Sampai Jadi Bintang Inspiratif

Inspirasi usaha rumahan kali ini berasal dari Pak Riki Sumantra, pemilik Toko Kelontong SRC Lely dari Pematang Siantar. Beliau bergabung dengan SRC di awal tahun 2017, kini Toko Kelontong SRC Lely bisa mengantongi omzet rata-rata 10 juta rupiah perhari. Siapa sangka, nilai omzet yang sebesar ini dimulai Pak Riki dari nol. 


Pada tahun 2016, Pak Riki sempat ragu untuk beralih dari toko kelontong biasa menjadi Toko Kelontong SRC, namun setahun setelahnya Pak Riki mantap untuk beralih menjadi Toko Kelontong SRC dengan persiapan toko yang terbilang masih seadanya.Tidak berhenti di sana, dengan kegigihannya Pak Riki berhasil menyulap toko kelontong yang semula biasa saja menjadi      Toko Kelontong SRC dengan wajah baru yang tampil lebih bersih, terang dan rapi.


Kepada Tim SRC, Pak Riki membocorkan rahasia suksesnya agar toko kelontongnya juga bisa mendapatkan omzet yang banyak. Jika dibandingkan dengan toko kelontong lainnya, Pak Riki rela menutup tokonya lebih malam demi melayani para pelanggan, agar pelanggan tetap dapat memenuhi kebutuhannya yang mendesak di malam hari.


“Seringkali orang-orang kebingungan kalau mau beli sesuatu di tengah malam, jadi saya buka sampai malam untuk memudahkan mereka.”


Ternyata niat baik Pak Riki semakin mendatangkan keuntungan yang maksimal bagi Toko Kelontong SRC Lely.


Selain menjalankan Toko Kelontong SRC, saat ini Pak Riki yang merupakan Bintang SRC juga aktif berkegiatan sebagai Ketua Paguyuban. Pak Riki rajin melakukan berbagai misi yang kini telah membawanya menjadi sosok yang diteladani oleh anggota Paguyuban SRC lainnya, umumnya seputar tips dan trik agar Toko Kelontong SRC semakin untung.


Beliau juga berharap agar pemilik toko lainnya bisa seperti mengikuti jejaknya dengan beberapa tips berikut ini:

1. Sebagai penjual, mengeluarkan modal sedikit lebih banyak di awal untuk kepuasan pelanggan atau hal-hal lain yang dapat menunjang kemajuan toko adalah sesuatu yang harus dilakukan, agar mendapat omzet maksimal. 

2. Penataan toko adalah sesuatu yang penting.

Menata toko dengan rak etalase yang lebih rapi dan bagus, sehingga barang dagangan bisa terlihat lebih menarik, toko pun otomatis akan lebih rapi, bersih, terang. 

3. Mengoptimalkan aplikasi AYO TOKO dan AYO SRC Kasir untuk manajemen stock dan keuangan yang lebih rapi.


Beberapa tips yang sudah dibuktikan langsung keberhasilannya oleh Pak Riki dalam mengembangkan Toko Kelontong SRC Lely, dapat diterapkan sebagai alternatif strategi yang menarik untuk para toko kelontong menaikkan omzet tokonya.


Sambil menerapkan tipsnya, kamu juga bisa gabung SRC untuk belajar dan mendapatkan pendampingan dalam mengembangkan toko kelontong masa kini yang #BawaPerubahan.



Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us