belanja harian
4 Jun 2023
Trik Belanja Harian Ibu Rumah Tangga Hemat Sesuai Budget

Berbelanja kebutuhan rumah tangga memang bisa dilakukan secara harian, mingguan atau bulanan. Bagi kamu yang sudah menjalankan peran sebagai seorang ibu rumah tangga atau IRT pasti sering dibuat bingung dengan bagaimana cara mengatur keuangan terutama berbelanja kebutuhan harian, yang rasanya selalu aja ada tambahan pengeluarannya. Apalagi buat kamu yang juga bekerja ataupun mengurus anak. Rasanya pasti ingin berbagai kebutuhan itu sudah siap di rumah, ya?  Eitttsss… jangan diambil pusing dulu, ya! 


Buat mengatur keuangan rumah agar senantiasa sehat, memang kamu harus lebih disiplin dalam mengelolanya. Nah, gimana sih tips dan trik buat mengatur belanja harian buat ibu rumah tangga agar sesuai dengan budget? Simak ulasannya di sini ya! 

  • Catat detail kebutuhan  

Agar pengeluaran tidak keluar dari budget yang ditentukan, maka sudah seharusnya kamu membuat catatan detail list kebutuhan harian rumah tangga mulai dari kebutuhan primer seperti sembako, sabun, shampoo, kebersihan rumah, gas, air, hingga biaya lain-lain seperti listrik, PDAM dan internet. Cara ini dijamin akan bikin kamu lebih berhati-hati lagi dalam berbelanja kebutuhan yang tidak terlalu penting, serta mengingat barang-barang yang memang harus dibeli ketika habis. 

  • Buat menu mingguan

Untuk menghemat biaya makan, tidak ada salahnya jika kamu berbelanja menu makanan secara mingguan. Cobalah buat menu mingguan yang akan kamu masak di rumah, lalu berbelanjalah di pasar tradisional untuk menekan budget namun kualitas bahan yang masih segar. Hindari membeli bahan makanan terlalu banyak atau lebih dari jatah seminggu, karena hal ini dikhawatirkan justru akan membuat kesegaran berkurang, meskipun kamu sudah meletakan bahan makanan di dalam kulkas atau freezer. 

  • Buat metode harian, mingguan dan bulanan

Terkadang, tidak semua kebutuhan bisa dibeli hanya dalam satu waktu saja. Kamu tetap perlu berbelanja dalam metode harian, mingguan, serta bulanan. Untuk metode harian, siapkan budget buat kebutuhan kecil dan tak terduga seperti sembako, obat-obatan serta kebutuhan dadakan lainnya. Lalu kebutuhan mingguan sebaiknya adalah budget untuk menu makanan, sementara kebutuhan bulanan adalah budget untuk barang-barang yang aman untuk dibeli sekaligus di awal atau akhir bulan, serta biaya rumah tangga seperti listrik, air dan internet. 

  • Belanja di toko kelontong

Trik selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berbelanja di toko kelontong terdekat. Toko SRC bisa jadi alternatif buat kamu berbelanja kebutuhan harian rumah tangga. Karena selain dekat dari rumah, Toko SRC juga menyediakan berbagai kebutuhan harian yang cukup lengkap dengan harga yang kompetitif. Bahkan, kamu bisa merasakan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menyenangkan di Toko SRC terdekat. SRC juga sudah memiliki ekosistem digital yang memberikanmu kemudahan bertransaksi digital di toko kelontong. 

  • Manfaatkan promo

Trik hemat terakhir buat berbelanja adalah memanfaatkan promo. Toko SRC sendiri menawarkan banyak promosi menarik untuk produk-produk yang dijual. Bahkan, kamu bisa mendapatkan harga bundling yang biasanya dibuat oleh pemilik Toko SRC. Kamu juga bisa menikmati kemudahan transaksi lewat layanan Pesan Antar dari aplikasi My AYO by SRC. Kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan Keping* hingga Peluang yang memberikan kamu penghasilan tambahan dengan jadi pelanggan setia SRC. 


Nah, itu dia lima tips dan trik belanja harian hemat ala ibu rumah tangga agar sesuai dengan budget. Yuk, sama-sama bantu roda perekonomian dengan berbelanja di UMKM toko kelontong sekitarmu!


*Keping akan tersedia secara bertahap mulai dari Semarang pada bulan Mei 2023, dan akan hadir secara bertahap di berbagai lokasi.

 


Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us