Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Toko Kelontong
12 Jan 2022
Cerita Sahabat
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Toko Kelontong

Dalam menjalankan sebuah usaha, kamu pasti ingin terus meningkatkan omzet penjualan agar mendapatkan untung yang berlipat sehingga usaha bisa terus berkembang. Untuk meningkatkan omzet yang maksimal, ada baiknya kamu menentukan strategi pemasaran yang tepat. 


Tiga strategi pemasaran yang dapat meningkatkan omzet penjualan, bisa kamu lakukan melalui:


1.Gabung ke Dalam Ekosistem Digital 

Ekosistem digital adalah sebuah teknologi berbasis aplikasi yang saling terikat satu sama lain dengan menghubungkan toko kamu ke pemasok kebutuhan toko dan pelanggan. AYO SRC merupakan salah satu Ekosistem digital Toko Kelontong SRC yang memberikan kemudahan pemilik toko kelontong dalam menjalankan usaha. Ada 3 aplikasi yang saling terintegrasi diantaranya:

  • AYO Mitra

AYO Mitra merupakan aplikasi untuk pedagang grosir yang berperan sebagai pemasok produk ke Toko Kelontong SRC.

  • AYO SRC Toko 

AYO SRC Toko adalah aplikasi yang dikhususkan untuk para pegangan ritel toko kelontong yang menawarkan kemudahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat sekitar secara digital, pemesanan produk secara digital ke Mitra SRC, hingga memberikan promo ke pelanggan SRC secara mandiri.

  • AYO Kelontong

Pelanggan akan mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan di aplikasi AYO Kelontong dengan berbagai fitur menarik yang memberikan kemudahan berbelanja. AYO Kelontong bisa terkoneksi kepada para toko kelontong SRC sebagai platform penghubung dalam aktivitas berbelanja. Selain itu, AYO Kelontong juga memberikan penawaran menarik dan tantangan untuk para konsumen agar pengalaman berbelanja di toko kelontong SRC semakin menyenangkan


Tidak hanya bergabung dan mendapatkan fasilitas ekosistem digital, kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan bimbingan pembinaan toko kelontong seperti yang dilakukan oleh SRC Indonesia untuk para mitra toko kelontongnya. Kamu berkesempatan untuk mengatur strategi pemasaran, manajemen toko dan manajemen keuangan secara lebih maju.


2.Kenali Perilaku Pelanggan

Memberikan pelayanan terbaik seperti menyapa dengan ramah dan memberikan bonus ke pelanggan setia juga bentuk strategi pemasaran mulut ke mulut yang efektif karena tidak memerlukan biaya. Dengan memberikan pelayan yang baik, pelanggan juga mendapatkan pengalaman belanja yang baik, sehingga kemungkinan besar pelanggan tersebut akan memberitahu dan mengajak orang lain untuk belanja di toko kamu. Pelayanan lainnya yang dapat kamu berikan adalah mengetahui kebiasaan dari setiap pelanggan toko mu sehingga kamu bisa menawarkan promosi atau meningkatkan waktu untuk belanja secara lebih tepat dan terukur. Ini akan membuat pelanggan kamu merasa diperhatikan dan nyaman berbelanja di toko kelontong.


3.Menjual Produk Private Label

Alasan kenapa industri ritel di Indonesia mengeluarkan produk private label adalah untuk mendongkrak integritas citra ritel dalam memberikan pilihanke konsumen dalam mendapatkan produk dengan kualitas baik namun dengan harga yang terjangkau.


Menjual produk private label bisa menjadi strategi pemasaran yang penting karena memiliki beberapa keuntungan, seperti:

  • Memiliki harga kompetitif dibandingkan dengan produk nasional lainnya. Dengan kualitas yang dijaga secara kualitas agar tetap baik, produk private label bisa bersaing dengan mayoritas produk nasional.
  • Produk private label memberikan citra baik kepada merek atau brand karena memiliki desain dan nama yang identik dengan brand tokonya. Dengan label yang identik, pelanggan akan terus ingat nama merek toko melalui produk private label.
  • Produk disesuaikan dengan tren pasar, sehingga memungkinkan produk akan cepat laku dan omzet penjualan semakin tinggi.


Dari ketiga strategi pemasaran di atas, mungkin kamu masih bingung produk apa saja yang bisa dijadikan private label dan bagaimana cara mendapatkan produk private label.

 

Dengan gabung SRC, kamu akan diberikan pendampingan dalam mengembangkan usaha toko kelontong baik dengan strategi pemasaran yang tepat serta kesempatan menjual produk private label yang berkualitas. SRC Indonesia memiliki produk private label ES.ER.CE yang diperuntukkan untuk Toko Kelontong SRC di seluruh Indonesia. ES.ER.CE menjadi salah satu kebanggaan pemilik Toko Kelontong SRC karena menawarkan produk dengan kualitas yang baik serta harga yang kompetitif. Toko Kelontong SRC jadi salah satu toko kelontong yang menjual produk private label mulai dari air mineral, hand sanitizer, tisu dan sabun cuci tangan dengan merk ES.ER.CE. 


Produk private label ES.ER.CE dapat membantu para pemilik Toko Kelontong Masa Kini dalam meningkatkan pendapatan karena menawarkan produk yang berkualitas dan pendapatan yang bersaing dengan produk lainnya.


Yuk, jadi bagian Toko Kelontong Masa Kini. Gabung SRC, sekarang! Dapatkan pendampingan agar terus mengembangkan toko kelontongmu!

Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us