Tips Memulai Usaha Warung dengan Modal Kecil Versi SRC
17 Jan 2024
Tips Memulai Usaha Warung dengan Modal Kecil Versi SRC

Jika Anda ingin memulai membuka usaha namun modal terbatas, membuka usaha warung bisa menjadi solusi cerdas karena produk yang dijual juga biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari, menjadikannya bisnis minim resiko dibanding sektor usaha lain. Apalagi jika adanya pendampingan usaha secara berkelanjutan, seperti halnya jika Anda bergabung bersama SRC, Anda akan mendapat pendampingan yang berkelanjutan dalam hal manajemen toko, aktivitas pelanggan, pengembangan usaha, yang dapat membantu kesuksesan dan kelancaran usaha Anda.


Yuk simak tips sukses buka warung dengan modal kecil ala SRC!



1. Perencanaan Awal Harus Matang

Sebelum memulai suatu bisnis, apapun itu maka Anda harus terlebih dahulu memiliki rencana yang matang. Rencana yang tersusun dengan baik akan menentukan keberhasilan bisnis warung yang Anda tekuni.


Proses perencanaan bisnis ini mencakup beragam aspek yang mencakup riset pasar yang mendalam, pemilihan produk yang akan ditawarkan, alokasi modal awal yang dibutuhkan, identifikasi resiko yang mungkin dihadapi, pencarian pemasok untuk persediaan barang, rencana pengembangan usaha yang jelas, dan target keuntungan yang ingin dicapai dalam periode tertentu.


2. Melakukan Riset Pasar

Setelah merumuskan rencana bisnis yang matang, langkah berikutnya adalah melangkah ke pasar. Riset pasar ini seperti kunci rahasia keberhasilan bisnis warung Anda.


Riset pasar terdiri dari tiga hal penting penting: tingkat persaingan, lokasi usaha, dan perilaku pembeli. Anda bisa memeriksa tingkat persaingan dengan berkunjung ke tiga hingga empat warung sekitar yang ramai, lalu catat jenis barang apa yang paling diminati oleh pelanggan mereka. Pastikan juga lokasi usaha Anda strategis, dengan banyak orang yang lewat, karena ini akan meningkatkan peluang mendapatkan pembeli yang berlimpah. Terakhir, pelajari perilaku pembeli setempat untuk mengetahui produk apa yang benar-benar mereka butuhkan. Sehingga dengan modal kecil yang kita milik dan informasi yang kita dapatkan ini, akan mampu menjalankan warung dengan lebih efektif dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.


Anda juga dapat melakukan riset dengan membaca tips dan kisah sukses para pemilik warung yang telah bergabung bersama SRC di kanal Inspirasi SRC.


3. Memilih Sistem Penjualan dan Pelayanan Yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah menentukan sistem penjualan sesuai minat pembeli dan pelayanan yang dibutuhkan pembeli. Anda dapat menanyakan kepada pembeli, apakah lebih baik berjualan secara langsung saja atau sekaligus menjualnya secara online lalu bagaimana pelayanan yang mereka harapkan dari suatu warung.


Jika memang layanan online memang dibutuhkan pembeli, ini merupakan hal yang baik bagi pemilik warung dengan modal kecil, selain itu berjualan online juga memungkinkan mendapat target pasar yang dijangkau menjadi lebih luas.


Pelanggan tentu akan senang jika diberi sistem penjualan dan pelayanan yang baik sesuai kebutuhan mereka sehingga membuat pembeli selalu berkunjung ke toko. 


4. Bekerja Sama Dengan Supplier

Langkah penting yang tidak boleh dilewatkan ketika membuka usaha warung adalah mencari supplier atau pemasok barang. Anda harus melakukan riset supplier terpercaya demi menjaga kualitas barang yang akan dijual di tokomu. Terdapat berbagai dalam mencari supplier, yakni langsung datang ke pasar induk atau agen sembako besar, mencari mitra secara online, atau dengan bergabung bersama aplikasi belanja yang langsung menghubungkan pemilik toko dan agen, salah satunya aplikasi AYO TOKO dari SRC yang memiliki beragam fitur untuk memudahkan pemilik toko kelontong seperti berbelanja lewat supplier terpercaya yang bergabung bersama Mitra SRC. Di aplikasi ini, Anda dapat cek terlebih dahulu ketersediaan dengan harga yang cukup bersaing dan sistem pembayaran yang bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti virtual account dan COD (Cash On Delivery) ketika barang diantar.


5. Membuat Daftar Barang

Dengan modal kecil pemilihan daftar barang yang dijual harus dilakukan dengan seksama, jika Anda memilih membuka usaha warung yang menjual semua barang kebutuhan sehari-hari, maka Anda harus membuat daftar barang yang akan dijual secara lengkap dan barang-barangnya haruslah memang barang yang diminati pembeli agar perputaran uang dapat maksimal. Jika memungkin untuk menjual berbagai jenis barang yang dibutuhkan pelanggan, dapat menjadi strategi untuk membuat para pembeli berhenti di tokomu saja alias melakukan one-stop shopping karena pembeli cenderung menyukai warung yang memiliki banyak varian produk karena mereka dapat berbelanja sekaligus.


6. Mempersiapkan Tempat Jualan

Langkah terakhir setelah menyiapkan semuanya adalah memikirkan dimana Anda akan membuka toko. Ketika mulai merintis, warung tidak harus berukuran besar, Anda bisa memilih ruang kecil di depan atau samping rumah, maupun menyewa ruko kecil asal warung tertata dengan baik dan nyaman bagi penjual dan pelanggan.


Jadi, jangan ragu lagi buat mulai usaha warung-mu sekarang bersama SRC! Raih peluang untuk #JadiLebihBaik lewat berbagai program pengembangan toko dan paguyuban di daerahmu. Yuk, Gabung SRC sekarang untuk merasakan manfaatnya!


Artikel Terkait
chat with us icon
Talk to Us